Konkatedral Zagreb

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konkatedral Zagreb
Gereja Katedral Katolik Yunani Santo Sirilus dan Methodius di Zagreb
Kroasia: Grkokatolička konkatedrala Sv. Ćirila i Metoda u Zagrebu
Konkatedral Zagreb
LokasiZagreb
NegaraKroasia
DenominasiGereja Katolik Roma
(sui iuris: Gereja Katolik Yunani Kroasia dan Serbia)
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekHermann Bollé
GayaBarok
Administrasi
KeuskupanEparki Križevci

Konkatedral Zagreb atau yang secara resmi bernama Gereja Konkatedral Katolik Yunani Santo Sirilus dan Metodius di Zagreb (Kroasia: Grkokatolička konkatedrala Sv. Ćirila i Metoda) adalah sebuah gereja konkatedral Katolik yang terletak di Kota Atas di Zagreb, ibu kota Kroasia. Gereja ini terletak dekat dengan Gereja Santo Markus, Zagreb. Katedral ini milik sekaligus menjadi pusat kedudukan bagi Vikariat Keuskupan Žumberak-Križevci. Terletak di Jalan St. Cyril dan Methodius.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebuah gereja Katolik Yunani dan seminari (dibangun pada tahun 1681) ada di Kota Atas sebelum abad ke-17. Gereja ini diperuntukkan bagi umat Katolik Yunani, kebanyakan dari Pegunungan Žumberak, Uskoks dan klerus yang tinggal di dalam dan sekitar Zagreb. Tidak mungkin untuk menentukan kapan Gereja ini dibangun karena kebakaran yang terjadi pada tahun 1766 menghancurkan sebagian besar buku Gereja yang memberikan tanggal pastinya.[1] Gereja pertama ini didedikasikan untuk Basil Agung.

Gereja saat ini yang didedikasikan untuk Santo Sirilus dan Methodius dibangun pada tahun 1886 pada masa pemerintahan Uskup Ilija Hranilović di situs bekas gereja ini. Paroki ini menggunakan fasilitas Seminari Katolik Yunani di Zagreb yang terhubung dengan Gereja yang memberikan ruangan yang berfungsi sebagai kantor paroki, dan, sejak tahun 1932, aula dengan sakristi.[2]

Gereja saat ini[sunting | sunting sumber]

Gereja ini dirancang oleh Hermann Bollé. Dibangun dengan gaya historisisme neo-Bizantium. Gereja ini memiliki banyak koleksi lukisan karya Ivan Tišov, serta ikon karya E.A. Bučevski dan profesor Nikola Mašić [hr]. Ada tiga lonceng di menara lonceng konkatedral setinggi 50m. Lonceng terbesar berbobot 782 kg dan didedikasikan untuk Santo Sirilus dan Methodius, lonceng sedang berbobot 395 kg didedikasikan untuk Bunda Allah dan lonceng kecil berbobot 230 kg didedikasikan untuk Basil Agung. Gereja ini memiliki salib berharga untuk tetrapod, relikui, dan dua jubah, serta satu set ikon perlengkapan yang dipasang di kayu untuk salib.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dioecesis Crisiensis". Krizevci.hbk.hr. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-07-20. Diakses tanggal 2016-06-02. 
  2. ^ "ŽUPA SV. ĆIRILA I METODA – ZAGREB | Žumberački vikarijat". Zumberacki-vikarijat.com. Diakses tanggal 2016-06-02. 
  3. ^ Arhitektura ikonostasa u opusu Hermana Bolléa, Prostor, Znanstveni časopis za arhitekturu dan urbanizam br. 18 (2010), 1 (39); Zagreb, 2010., str. 62 – 79.

Koordinat: 45°53′53″N 16°50′36″E / 45.8981°N 16.8433°E / 45.8981; 16.8433