Gradec, Zagreb

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pemandangan Gornji Grad (Gradec) dari udara

Gradec (pengucapan bahasa Kroasia: [grǎdet͡s]), Grič (pengucapan bahasa Kroasia: [grîːtʃ], bahasa Hongaria: Gréc, bahasa Latin: Mons Graecensis prope Zagrabiam) atau Gornji Grad (berarti "Kota Atas") adalah salah satu kawasan di kota Zagreb, Kroasia. Gradec dan Kaptol merupakan kawasan abad pertengahan di kota tersebut. Gradec terletak di bukit Grič dan kini merupakan bagian dari Distrik Gornji Grad-Medveščak.

Gornji Grad memiliki jumlah penduduk sekitar 3.432 jiwa.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Raja Béla IV dari Hongaria pada tahun 1242 mengeluarkan bulla emas yang memberikan status kota kerajaan bebas kepada Gradec. Semenjak itu, Gradec tunduk secara langsung kepada raja, dan mereka memperoleh berbagai keistimewaan, seperti hak untuk memerintah sendiri dan memilih "hakim kota" (bahasa Kroasia: gradski sudac) sebagai pemimpin. Sebagai gantinya, mereka harus membangun perbentengan di sekitar permukiman mereka untuk menghadapi ancaman bangsa Mongol.

Gradec dipimpin oleh seorang "hakim kota" hingga tahun 1850, ketika Gradec, Kaptol, dan kotapraja-kotapraja lainnya disatukan dengan kota Zagreb.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 45°49′00″N 15°58′26″E / 45.81667°N 15.97389°E / 45.81667; 15.97389