Konkatedral Saint-Pierre

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konkatedral Saint-Pierre
Konkatedral Bunda Maria Diangkat ke Surga
Prancis: Cathédrale Notre-Dame-de-l'Assomption de Saint-Pierre de la Martinique
Konkatedral Saint-Pierre
LokasiSaint-Pierre
NegaraMartinik
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiMaria Diangkat ke Surga
Arsitektur
Statuskonkatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Saint Pierre dan Fort-de-France

Konkatedral Saint-Pierre atau yang bernama resmi Konkatedral Bunda Maria Diangkat ke Surga[1] (Prancis: Cathédrale Notre-Dame-de-l'Assomption de Saint-Pierre de la Martinique) atau sekadar Katedral Maria Diangkat ke Surga,[2] adalah sebuah gereja konkatedral Katolik yang berlokasi di Saint-Pierre,[3] di pulau Martinique, Prancis[4] di Laut Karibia .

Konkatedral ini berfungsi sebagai pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Agung Saint Pierre dan Fort-de-France, bersama dengan Katedral Fort-de-France.

Gereja pertama dibangun pada tahun 1654, merupakan kapel pribadi dan berada di distrik Mouillage. Menara kapel dan loncengnya hancur selama pemboman Inggris di pelabuhan Saint-Pierre, pada tahun 1667. Pada tahun 1675, rekonstruksi gereja diusulkan.

Notre-Dame-du-Bon-Port dibuka pada tahun 1859. Restorasi baru pada fasad utama dimulai pada tahun 1861 dan fasad neoklasik digantikan oleh fasad barok. Pekerjaan diakhiri dengan pembangunan dua menara fasad dan menara lonceng pada tahun 1885. Bangunan tersebut rusak akibat letusan Gunung Pelée tahun 1902.

Foto katedral diambil pada hari Minggu sebelum letusan tahun 1902
Reruntuhan katedral pada tahun 1905, setelah letusan tahun 1902

Bangunan baru dibangun dengan menggunakan batu-batu tua dengan tambahan batuan vulkanik dan batu bata. Katedral bersama ini didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga dan menerima lonceng baru pada tahun 1925.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Co-cathédrale Notre Dame de l'Assomption
  2. ^ Collectif; Auzias, Dominique; Labourdette, Jean-Paul. Martinique 2015 Petit Futé (avec cartes, foto + avis des lecteurs). ISBN 9782746985612. 
  3. ^ Martinique. ISBN 9782894640036. 
  4. ^ "Cathédrale Notre-Dame de l'Assomption - Saint-Pierre". Eglise catholique de Martinique.