Kon-Katedral Mérida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kon-Katedral Mérida
Kon-Katedral Metropolitan Santa Maria Mayor
Spanyol: Concatedral metropolitana de San Maria la Mayor
Kon-Katedral Mérida
LokasiMérida
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Mérida-Badajoz

Kon-Katedral Mérida Kon-Katedral Metropolitan Santa Maria Mayor (Spanyol: Concatedral metropolitana de San Maria la Mayor) adalah sebuah gereja kon-katedral Katolik yang terletak di Mérida, Extremadura, barat Spanyol. Sejak tahun 1994, bersama dengan Katedral Metropolitan Santo Yohanes Pembaptis Badajoz, ini adalah kedudukan Keuskupan Agung Mérida-Badajoz.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mérida didirikan pada tahun 25 SM, dengan nama Emerita Augusta, atas perintah Kaisar Augustus, untuk melindungi jalan masuk dan jembatan di atas Guadiana sungai. Kota ini menjadi salah satu kota terpenting di Kekaisaran Romawi. Setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi Barat, selama periode Visigoth, kota ini mempertahankan sebagian besar kemegahannya, terutama di bawah dominasi para uskup Emerita pada abad ke-6, ketika kota ini menjadi ibu kota Hispania. Tahta keuskupan Emerita adalah "Gereja Santa Maria Yerusalem" (Spanyol: Santa María de Ierusalem).

Pada tahun 713 Mérida ditaklukkan oleh tentara Muslim di bawah Musa bin Nusair tetapi baru pada tanggal 28 Februari 1119 tahta metropolitan Uskup Emerita dipindahkan ke Santiago de Compostela melalui banteng Paus Kalistus II.[1]

Kota ini kembali ke tangan Kristen pada tahun 1230, ketika ditaklukkan oleh Alfonso IX dari León. Kota ini tergabung dalam Keuskupan Agung Santiago de Compostela. Pembangunan kapel yang didedikasikan untuk Perawan Maria dimulai di reruntuhan katedral Visigoth.

Pada tahun 1479, Don Alonso de Cárdenas, Pemimpin Ordo Santiago, memerintahkan perluasan kapel dengan tujuan menjadikannya gereja utama di kota tersebut.[1] Pada tahun 1620, seekor banteng Paus Paulus V mengangkat gelar uskup tituler Mérida. Uskup dipilih di antara para imam Ordo Santiago, yang memilih gereja Santa María sebagai tahta keuskupan mereka.

Pada tanggal 28 Juli 1994 Paus Yohanes Paulus II mendirikan Keuskupan Agung Mérida-Badajoz, menjadikan Gereja Santo Yohanes Pembaptis sebagai katedral metropolitan dan katedral bersama gereja Santa Maria Mayor Mérida.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Situs web resmi co-cathedral Mérida Diarsipkan 2011-01-28 di Wayback Machine.
  2. ^ Pope John Paul II (28 July 1994), "Constitutiones Apostolicae - Emeritensis Augustana" (PDF), Acta Apostolicae Sedis (dalam bahasa Latin), Vatican: Congregation for Bishops, 86: 936–937, diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2015-07-21  .