Naskah Komentari Kitab Nahum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Komentari Kitab Nahum)

Naskah Komentari Kitab Nahum (Ibrani: Pesyer Nahum; Inggris: Pesher Nahum; diberi label 4QpNah (Gua 1, Qumran, pesyer, Nahum; atau 4Q169) adalah salah satu di antara Naskah Laut Mati dalam gua 4 di Qumran yang ditemukan pada bulan Agustus 1952, dan diekskavasi tanggal 22-29 September 1952 oleh Gerald Lankester Harding, Roland de Vaux, dan Józef Milik.[1] Gua 4 sebenarnya terdiri dari 2 gua yang digali dengan tangan (4a and 4b), tetapi karena fragmen-fragmen yang ditemukan tercampur, maka diberi label 4Q. Gua 4 adalah yang paling terkenal di antara gua-gua di Qumran karena mudah terlihat dari dataran Qumran dan banyaknya kandungan naskah. Dalam gua ini ditemukan 90% dari semua Naskah Laut Mati, meliputi gulungan maupun potongan/fragmen (sekitar 15.000 fragmen dari 500 teks yang berbeda).

Edisi prinsip (editio princeps) teks ini dapat dijumpai pada buku "Discoveries in the Judaean Desert" (disingkat DJD) V., suntingan John Allegro. Teks ini digambarkan sebagai: 'satu dari "pesharim" (komentari) yang berkesinambungan dari Qumran, ayat-ayat berurutan dari Kitab Nahum dalam Alkitab ditafsirkan sebagai mencerminkan realita sejarah pada abad ke-1SM."[2] Rujukan sejarah paling jelas dapat dilihat dalam Fragmen 3-4 Kolom 1, yang mengutip Nahum 2:11b, "Tempat singa datang masuk, ke sana pulalah perginya anak-anak singa..." dan diberi komentari, "[Ini merujuk kepada Deme]trius, raja Yunani, yang berusaha memasuki Yerusalem atas nasihat para penjilat (Flattery-Seekers); [tetapi kota itu tidak pernah jatuh ke dalam] kekuasaan raja Yunani dari Antiokhos sampai munculnya penguasa-penguasa dari kittim...."[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ VanderKam, James C., The Dead Sea Scrolls Today, Grand Rapids: Eerdmans, 1994. pp. 10-11.
  2. ^ Shani L. Berrin (2004). The Pesher Nahum Scroll from Qumran: An Exegetical Study of 4Q169. BRILL. hlm. 1. 
  3. ^ Terjemahan oleh E.M. Cook in Michael Wise, Martin Abegg Jr, & Edward Cook, ed. (1996). The Dead Sea Scrolls: A New Translation. HarperSanFrancisco. hlm. 217. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Charlesworth, James H., Henry W. L. Rietz, Casey D. Elledge, and Lidija Novakovic. Pesharim, Other Commentaries, and Related Documents. The Dead Sea Scrolls: Hebrew, Aramaic, and Greek Texts with English Translations 6b. Louisville: Westminster John Knox, 2002. (More recent publication of the Hebrew text and English translation on facing pages)
  • Cross, Frank Moore. The Ancient Library of Qumran. 3d ed. Minneapolis: Fortress, 1995. (General reading on the Dead Sea Scrolls in general, their discovery, and contents)
  • Ingrassia, David,(2002)CLASS 3 Biblical Commentaries:Pesharim.Dead Sea Scrolls and the Bible, http://pastorcam.com/class_notes/deadsea/Class%203_Biblical_Commentaries.pdf Diarsipkan 2004-12-04 di Wayback Machine.
  • Dead Sea Scrolls Pesher Nahum Diarsipkan 2011-10-20 di Wayback Machine.