4Q108

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

4Q108 (atau 4QCantc) adalah potongan naskah kuno bertulisan bahasa Ibrani yang berisi bagian dari Kidung Agung dalam Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama dalam Alkitab Kristen. Fragmen ini ditemukan dalam gua ke-4 di Qumran, di antara sejumlah naskah lain yang secara keseluruhan disebut Naskah Laut Mati yang diperkirakan dari abad ke-2 SM.

Potongan naskah lain yang berisi tulisan dari Kidung Agung adalah: 4Q106, 4Q107 dan 6Q6 (yang terakhir ini dari gua ke-6), merupakan naskah tertua dari kitab ini.

Isi[sunting | sunting sumber]

4Q108 merupakan "potongan kecil"[1] yang berisi 10 huruf dalam 2 baris, masing-masing 5 huruf dari Kidung Agung 3:7-8. Dari ayat 7 dapat dibaca 5 huruf: למה lmh, yaitu tiga huruf terakhir dari nama Ibrani untuk raja Salomo; dan שש šš (syesy), yaitu enam dari kata enam puluh. Dari ayat 8 dapat dibaca satu kata: אחוזי aḥuzi, dari kata kerja yang berarti membawa.

Jadi potongan itu adalah bagian dari kalimat-kalimat:
3:7 Lihat, itulah joli Salomo (, dikelilingi oleh) enam puluh pahlawan dari antara pahlawan-pahlawan Israel.
3:8 Semua membawa pedang, terlatih dalam perang, masing-masing dengan pedang pada pinggang karena kedahsyatan malam.

Analisis[sunting | sunting sumber]

  • Teks Masoret mengeja kata kerja aḥuzi ("membawa") di ayat 8 dengan 4 huruf, sedangkan 4Q108 mengandung huruf Waw yang dibaca sebagai "u", tanpa mengubah arti. Seperti diketahui, tulisan Ibrani kuno tidak mempunyai huruf-huruf hidup, tetapi ada sejumlah huruf yang dipakai untuk menandai pembacaan huruf hidup khusus, sedangkan dalam tulisan Ibrani modern, pembacaan huruf hidup ditandai dengan tanda titik atau garis di bawah huruf.
  • Bentuk pasif untuk kata aḥuzi (ḥereb) "membawa (pedang)" di sini juga ditemukan dalam Kitab Yehezkiel (Yehezkiel 43:6) atau tulisan Ibrani kuno lain.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Eugene Charles Ulrich and others (eds), Discoveries in the Judaean Desert Volume XVI: Psalms to Chronicles: Qumran Cave 4.XI, (Oxford: Clarendon Press, 2001): 219. ISBN 978-0-19-826943-4
  2. ^ Y Blau, Leshonenu 18 (1950-1952): 67-81. (Ibrani)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]