Kolonel senior

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kolonel senior adalah pangkat perwira militer yang setara dengan pangkat Brigadir jenderal yang biasa digunakan di banyak negara. Pangkat ini biasanya digunakan oleh negara yang tidak menggunakan atau sebagai pengganti pangkat Brigadir jenderal.

Unit militer Jerman Nazi, SA dan SS menggunakan pangkat yang setara dengan kolonel senior yaitu Oberführer.[1][2] Demikian juga di cabang-cabang militer Allgemeine SS (General SS) dan Waffen-SS (Armed SS) pangkat Oberführer umum digunakan.[3][4] Namun, Angkatan darat Jerman (Heer) tidak menggunakan pangkat ini.

Pasukan di negara Asia setelah Perang Dunia II, khususnya dalam lingkup Komunis mulai membuat pangkat kolonel senior versi mereka sendiri. Sekarang pangkat kolonel senior masih digunakan dalam militer Tiongkok Daxiao (大校), Korea Utara Taejwa (대좌) dan Vietnam Đại tá.

Istilah kolonel senior juga digunakan secara informal dan tidak resmi dalam militer Amerika Serikat untuk kolonel yang akan dipromosikan menjadi Brigadir jenderal tetapi belum dianugerahkan atau untuk kolonel veteran yang sangat berpengalaman dan berpengaruh.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McNab (II) 2009, hlm. 15.
  2. ^ Flaherty 2004, hlm. 148.
  3. ^ Yerger 1997, hlm. 235.
  4. ^ Miller 2006, hlm. 521.