Allgemeine SS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
General SS
Allgemeine SS
Flag of the Schutzstaffel.svg
Allgemeine SS merupakan administratif dan non-kombat anggota dari SS.
Bundesarchiv Bild 183-H08449, Quedlinburg, Heinrichs-Feier, Heinrich Himmler.jpg
Reichsführer Heinrich Himmler memimpin upacara kematian dan ulang tahun kematian Heinrich I at Quedlinburg, July 1938
Tentang lembaga
DibentukSeptember, 1934
Lembaga pendahulu
DibubarkanMay 8, 1945
Wilayah hukumBendera Jerman Jerman
Kantor pusatSS-Hauptamt, Prinz-Albrecht-Straße, Berlin
Pegawai100,000 c.1940
Menteri
Lembaga indukFlag of the Schutzstaffel.svg Schutzstaffel
Lembaga bawahan

Allgemeine SS merupakan lembaga turunan dari SS. Lembaga ini dikelola oleh SS-Hauptamt (Indonesia:Biro Utama SS). Allgemeine SS secara resmi dibentuk pada musim gugur 1934 untuk membedakan anggotanya dari SS-Verfugungstruppe (yang kemudian bernama Waffen-SS dan SS-Totenkopfverbande (penjaga kamp konsentrasi).

Tahun Awal[sunting | sunting sumber]

SS dibentuk pada 4 April, 1925 dan menjadi bawahan SA pada tanggal 1 November, 1926. Demikian Allgemeine SS menjadi sub-unit dari SA dan NSDAP. Lembaga ini dianggap elit oleh anggota partai dan penduduk Jerman.

Tugas utama dari Allgemeine SS adalah untuk menjaga dan melindungi Fuhrer Nazi Jerman, Adolf Hitler. Pada musim dingin 1925, anggota Allgemeine SS berjumlah sekitar 1000 orang, tetapi hanya 200 yang menjadi anggota aktif. Heinrich Himmler berusaha untuk memisahkan Allgemeine SS dari SA, dan anggota SA tidak lagi mempunyai otoritas atas anggota Allgemeine SS pada tahun 1927 dan seterusnya.[1]

Desember 1929, anggota aktif Allgemeine SS bertambah menjadi 1000 orang. Allgemeine SS berkembang pesat, kemudian Himmler pada tanggal 29 Januari, 1930 mengumumkan kepada pemimpin SA, Ernst Rohm, yaitu:

Schutzstaffel telah berkembang, dan kemungkinan akan bertambah menjadi 2000 pada akhir kuartal ini, Dari poin tersebut, Schutzstaffel akan dianggap dan oleh sebab itu, akan mengakui independen secara de facto. Dan pada bulan Desember pada tahun yang sama, anggota Allgemeine SS bertambah menjadi 2727.

Formasi dan Pelayanan[sunting | sunting sumber]

Pada 20 April 1934, Goring dan Himmler setuju untuk menaruh jauh perbedaan mereka. Goring men-transfer kontrol Gestapo kepada Himmler. Mereka membunuh atau menangkap tiap-tiap pemimpin besar SA. Himler kemudian diberi jabatan sebagai kepala dari seluruh polisi Jerman pada Juni 1936.[2]

Peran Terhadap Nazi Saat Perang[sunting | sunting sumber]

Pada saat perang, Allgemeine SS berkontribusi pada aktivitas, aktivitas yang berkaitan dengan Ekonomi Jerman. Ini menyangkut pekerjaan pada indrustialis, mengorganisir, mengkontrol, dan mengarahkan tenaga kerja asing, dan grup-grup pendukung seperti Luftschutzwarndienst.[3]



Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://en.wikipedia.org/wiki/Heinz_H%C3%B6hne Der Orden ..., pg 56-57: Der Orden unter dem Totenkopf, P. to 56-57 (The book has also been translated into English with the title The Order of the Death's Head: The Story of Hitler's SS )
  2. ^ Williams, Max. Reinhard Heydrich: The Biography: Volume 1, p 77.
  3. ^ http://www.german-helmets.com/SS_ALLG_MAIN.htm