Kleopatra Selene II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cleopatra Selene II
Ibu suri Numidia
Ibu suri Mauretania
Cleopatra Selene II bust, Cherchell, Algeria 4.jpg
Patung dada Romawi kuno Cleopatra Selene II, Ratu Mauretania, atau ibunya Cleopatra VII dari Mesir, Museum Arkeologi Cherchell, Aljazair[1]
Lahir40 SM (diyakini, tanggal pasti tidak diketahui)
Alexandria, Mesir
Wafat6 SM
Caesarea, Kerajaan Mauretania
Pemakaman
Nama lengkap
Cleopatra Selene
AyahMarkus Antonius
IbuCleopatra VII Philopator
PasanganJuba II dari Numidia
AnakPtolemy, Raja Mauretania
Drusilla

Cleopatra Selene II (Yunani: Κλεοπάτρα Σελήνη; akhir 40 SM – s. 6 SM),[2] yang juga disebut sebagai Cleopatra VIII dari Mesir atau Cleopatra VIII, adalah seorang putri raja Ptolemaik dan merupakan putri tunggal dari pasangan ratu Yunani Ptolemaik Cleopatra VII dari Mesir dan triumvirat Romawi Markus Antonius. Ia adalah saudari kembar dari pangeran Ptolemaik Alexander Helios. Nama keduanya dalam bahasa Yunani artinya bulan, yang juga artinya Titan-Dewi Bulan Selene, yang merupakan counterpart dari nama kedua saudara kembarnya Helios, yang artinya matahari dan Titan-Dewa Matahari Helios. Cleopatra lahir, dibesarkan dan dididik di Alexandria, Mesir. Pada 36 SM, dalam Donasi Antiokia dan pada akhir 34 SM pada Donasi Aleksandria, ia diangkat menjadi penguasa Cyrenaica dan Libya.[3] Setelah Antonius dan Kleopatra kalah di Actium dan bunuh diri di Mesir pada 30 SM, Cleopatra Selene dibawa ke Roma dan ditempatkan dalam pengasuhan saudari Oktavianus Octavia Minor (mantan istri Antonius). Cleopatra Selene kemudian menikahi Juba II dari Numidia dan Mauretania dan mereka menghasilkan seorang putra dan penerus Ptolemi dari Mauretania.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ferroukhi, Mafoud (2001), "Marble portrait, perhaps of Cleopatra VII's daughter, Cleopatra Selene, Queen of Mauretania", dalam Walker, Susan; Higgs, Peter, Cleopatra of Egypt: from History to Myth, Princeton, N.J.: Princeton University Press (British Museum Press), hlm. 219, ISBN 9780691088358. 
  2. ^ Roller, p. 77
  3. ^ Roller, p. 76–81

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]