Rootkit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kit-akar)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Rootkit adalah kumpulan perangkat lunak yang bertujuan untuk menyembunyikan proses, berkas dan data sistem yang sedang berjalan dari sebuah sistem operasi tempat dia bernaung. Rootkit awalnya berupa aplikasi yang tidak berbahaya, tetapi belakangan ini telah banyak digunakan oleh perangkat perusak yang ditujukan untuk membantu penyusup menjaga tindakan mereka yang ke dalam sistem agar tidak terlacak. Rootkit hadir di beragam sistem operasi seperti, Linux, Solaris dan Microsoft Windows. Rootkit ini sering mengubah bagian dari sistem operasi dan juga memasang dirinya sendiri sebagai penggerak atau modul inti.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kata "rootkit" terdengar di telinga publik bermula pada skandal Sony BMG CD Copy Protection, di mana cakram padat yang dibuat Sony BMG music meletakkan sebuah rootkit di PC Microsoft Windows pada saat pengguna memutar cakram padat di komputer mereka. Sony sebelumnya tidak memperingatkan kepada pengguna akan hal ini di dalam cakram padat mereka maupun di dalam kemasannya.

Virus komputer yang pertama kali tercatat penyerang komputer pribadi, ditemukan pada tahun 1986, menggunakan teknik selubung untuk menyembunyikan diri: virus (c)Brain berupaya untuk mencegah pembacaan sektor but, dan mengarahkannya kemanapun pada cakram padat, dimana salinan asli dari sektor but disimpan.