Kimunding

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kimunding
Ficus lyrata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN208115167
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladfabids
OrdoRosales
FamiliMoraceae
GenusFicus
SpesiesFicus lyrata
Warb.
Pohon kimunding dalam ruangan

Ficus lyrata, umumnya dikenal sebagai kimunding atau ara daun, adalah spesies tumbuhan berbunga dalam keluarga murbei atau Moraceae. Spesies ini berasal dari Afrika barat, dari Kamerun barat hingga Sierra Leone. Spesies ini tumbuh di hutan hujan tropis dataran rendah serta bisa tumbuh hingga 12-15 m.

Bentuk daunnya bervariasi, tetapi seringkali dengan puncak lebar dan tengah sempit, menyerupai kecapi atau biola dengan panjang mencapai 45 cm dan lebar 30 cm (walaupun biasanya lebih kecil) dengan tekstur kasar, urat menonjol dan margin bergelombang.

Buahnya berwarna hijau tin dengan diameter 2,5–3 cm (1-¼ in)

Budidaya dan penggunaan taman[sunting | sunting sumber]

Spesies ini adalah pohon hias yang populer di taman subtropis dan tropis, dan juga ditanam sebagai tanaman hias di daerah beriklim sedang, di mana biasanya lebih pendek dan gagal berbunga atau berbuah. Itu membutuhkan cahaya alami tidak langsung.[1] Ini kuat hingga 10 °C (50 °F), sehingga spesimen dapat ditempatkan di luar selama periode hangat. [2]

Tanaman ini telah mendapatkan Penghargaan Royal Horticultural Society of Garden Merit . [2] [3]

Penggunaan dalam ruangan[sunting | sunting sumber]

Tanaman hias yang biasanya rumit terlepas dari popularitasnya, kimunding tidak merespon dengan baik untuk dipindahkan, terutama dari tempat di mana ia tumbuh subur. Menjadi tanaman tropis, ia tidak mentolerir suhu dingin dengan baik atau bertahan dalam cuaca beku yang berkepanjangan. Drainase yang tepat, sinar matahari yang cukup (langsung tetapi tidak keras), dan gerimis dengan air akan membantu menjaga daun ara daun biola tetap hijau cerah dengan hasil akhir mengkilap yang khas.[4]

Persyaratan Kelembaban dan Suhu[sunting | sunting sumber]

Kelembaban relatif yang optimal untuk kimunding adalah antara 25%-49%, tetapi dapat mentolerir kelembaban yang lebih rendah. Mengenai persyaratan suhu, suhu optimal untuk ara daun rebab adalah antara 65°F- 75°F (18°C- 24°C).[5]

Persyaratan Cahaya[sunting | sunting sumber]

Tumbuh di dalam ruangan, cahaya adalah faktor yang paling membatasi kimunding . Ini adalah tanaman sinar matahari penuh (tumbuh di bawah sinar matahari langsung hampir sepanjang hari di habitat aslinya), tetapi juga dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan dalam cahaya tidak langsung yang terang.

Persyaratan Tanah[sunting | sunting sumber]

Tanah pot terbaik untuk kimunding adalah campuran tanah yang berpori dan berpori. Itu harus memiliki pH tanah antara 5,5 dan 7,0. Tanah pot yang bagus dan berdrainase baik akan memberikan makronutrien yang cukup untuk ara daun rebab dan membantunya berkembang dan tumbuh.

Perambatan[sunting | sunting sumber]

Kimunding dapat diperbanyak dengan berbagai cara:

  • Berdasarkan pembagian
  • Dengan stek batang, dan
  • Dengan cangkok

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Alix Martichoux (13 August 2019). "No matter where I go, I can't stop seeing this trendy plant in San Francisco". SF Gate. 
  2. ^ a b "Ficus lyrata AGM". Royal Horticultural Society. Diakses tanggal 4 July 2020. 
  3. ^ "AGM Plants - Ornamental" (PDF). Royal Horticultural Society. July 2017. hlm. 39. Diakses tanggal 27 February 2018. 
  4. ^ Kurutz, Steven (April 30, 2016). "The 'IT' plant of the times; Designers love the fiddle-leaf fig for its Dr. Seuss feel while others just say it makes a statement". National post (Toronto). 
  5. ^ "Growing Indoor Plants with Success". extension.uga.edu (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-10-01.