Kimun Ongkosandjojo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kimun Ongkosandjojo
LahirOng Kiem Oen
31 Maret 1912
Wonogiri, Jawa Tengah
Meninggal1990
Kota Solo
Sebab meninggalAlami
Tempat tinggal14 Gajahan, Surakarta
Nama lainong kim oen
PekerjaanPengusaha, Pendiri
Dikenal atasPendiri obat herbal, Jamu Air Mancur
PenggantiPutra
Sardjiman, Irwan, Seto, Seco, dan Dipa Ongkosandjojo
Suami/istriTio Yan Nio
Anak10
Situs webhttp://www.airmancur.co.id

Kimun Ongkosandjojo, lahir sebagai Ong Kiem Oen pada 31 Maret 1912 adalah pengusaha, dan penemu dari Indonesia. Ongkosandjojo lahir di Wonogiri, dekat Kota Solo Jawa Tengah, ia berasal dari etnis Tionghoa namun tumbuh dalam budaya Jawa. Ia menikah dengan Tio Yan Nio dan memiliki 10 anak. Ongkosandjojo adalah seorang sarjana polymath yang memiliki gairah yang mendalam dalam mempelajari dunia sejarah, ilmu, astronomi, bahasa, dan alam. Karena kepandaiannya yang tersebar luas, sebagai seorang remaja Ongkosandjojo sering menggantikan dosen, sementara mereka bertugas militer selama Perang Dunia II .

Dia mendirikan dan menjadi Presiden Direktur di PT Jamu Air Mancur, salah satu produsen jamu terbesar di Indonesia sejak 1963, setelah bekerja di sana sebagai Direktur Produksi semenjak dimulainya perusahaan pada 1963.

Jamu Air Mancur[sunting | sunting sumber]

Ongkosandjojo mendirikan Jamu Air Mancur pada tahun 1963 bersama dengan 2 pendiri besar lainnya, Wonosantoso dan Hindrotanojo. Jamu Air Mancur menyajikan alam untuk umat manusia dengan segala keajaiban yang tak terbatas, varietas, dan manfaat. Indonesia sangat kaya akan berbagai sumber daya alam. Ribuan pulau diisi dengan tanah yang subur membentuk rangkaian zamrud di khatulistiwa. Indonesia adalah surga bagi tanaman berharga untuk tumbuh yang tak terhitung jumlahnya, seperti rempah-rempah dan tanaman obat. Sejak zaman kuno, tanaman ini telah digunakan dan dikembangkan sebagai bahan resep kesehatan untuk menjaga kesehatan, menyembuhkan penyakit dan memelihara vitalitas serta kecantikan. Tradisi menggunakan obat yang dikenal sebagai jamu telah dilestarikan sampai saat ini, sebagai budaya asli Indonesia untuk menjaga kesehatan masyarakat. Ini merupakan warisan budaya yang telah menjadi aset nasional, dan Air Mancur terus berkembang dengan menyediakan produk jamu yang tinggi, kebersihan kualitas dan efektivitas untuk memenuhi kebutuhan rakyat. Dalam rangka perusahaan obat herbal terbesar di Indonesia, Air Mancur membayar perhatian besar terhadap inovasi dan kualitas produk, promosi, distribusi produk dan kepuasan pelanggan.

Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Saat ini pemegang saham utama dari perusahaan ini masih dikendalikan oleh generasi 2 dan 3 dari pendiri, ditambah saham minoritas oleh agen pelopor / distributor yang telah membantu perusahaan membuka pemasaran pada tahun 1960. Sejak tahun 1996 manajemen perusahaan telah menyerahkan eksekutif profesional sementara secara teratur diteliti oleh para pemegang saham. Namun, sejak Juni 2007 Direktur Utama diserahkan kembali kepada salah satu anggota pemegang saham dan keturunan dari pendiri, Sindoro Hindrotanojo. Dimulai sebagai bisnis obat herbal (Jamu), sejak tahun 1996 perusahaan telah melakukan diversifikasi ke industri makanan kesehatan dan kosmetik dengan mempertahankan bahan herbal dan alami sebagai kekuatan inti. Sejak tahun 2001, pabrik jamu telah disertifikasi ISO 2001 dan saat ini tanaman lainnya mengadopsi standar kualitas yang sama. Untuk Memenuhi kebutuhan konsumen Muslim, perusahaan juga memperoleh Sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) . Untuk mendukung kualitas tinggi standar keselamatan suatu jamu, Kesehatan Makanan dan Kosmetik melengkapi dengan sejumlah laboratorium, yaitu Laboratorium Farmakologi, Farmakognosi dan Fitokimia, Analisis Mikrobiologi dan Fabrikasi. Sejak tahun 1970 Perusahaan telah mengekspor produknya ke berbagai negara termasuk Malaysia, Singapura, Brunei Darusalam dan Taiwan. Saat ini perusahaan memperluas pasar ke Asia dan negara-negara di Timur Tengah sejalan dengan tren dunia, perusahaan telah aktif mengembangkan produk baru dan inovatif dalam suplemen herbal, makanan kesehatan dan minuman, kosmetik dan peralatan mandi dan herbal produk berbasis hewan. Semua produk telah lulus standar kualitas tertentu dan 'dijual bebas' dengan bersertifikat dalam wilayah Indonesia oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM). Sertifikasi untuk ekspor oleh otoritas yang sama akan disusun berdasarkan pada kebutuhan negara.

Misi[sunting | sunting sumber]

  • Untuk menghasilkan obat-obatan herbal, minuman kesehatan, kosmetik dan suplemen makanan dengan inovasi dalam bahan-bahan alami, nilai tambah tinggi dan manfaat kesehatan kepada masyarakat.
  • Untuk mencapai kepuasan pelanggan yang tinggi melalui nilai dari produk-produk berkualitas.
  • Untuk memenuhi pemangku kepentingan melalui pertunjukan perdana di atas rata-rata industri.
  • Untuk mempertahankan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di atas rata-rata industri, selanjutnya meningkatkan pangsa pasar di kategori produk individual.
  • Untuk membangun sumber daya manusia yang handal dan kompeten di setiap fungsi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

http://www.airmancur.co.id/index.php?option=com_content&task=blogcategory&id=0&Itemid=41

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]