Ketsaran Vidin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ketsaran Vidin

Видинско царство
1356–1365
1369–1396
{{{coat_alt}}}
Lambang Dinasti Shishman
Ketsaran Vidin
Ketsaran Vidin
Ibu kotaVidin
Bahasa yang umum digunakanBulgaria
Agama
Ortodoks Timur
PemerintahanKepangeranan, ketsaran
Era SejarahAbad Pertengahan
• Didirikan
1356
• Dibubarkan
1396
Didahului oleh
Digantikan oleh
ksrKekaisaran
Bulgaria Kedua
kslKesultanan
Utsmaniyah
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Ketsaran Vidin (bahasa Bulgaria: Видинско царство, Vidinsko Tsarstvo) adalah sebuah negara Bulgaria pada abad pertengahan yang berpusat di kota Vidin. Pada tahun 1257, seorang penguasa lokal yang bernama Rostislav Mikhailovich dimahkotai sebagai Tsar Bulgaria di Tarnovo, tetapi kemudian ia mundur ke kota Vidin. Pada tahun 1356, Tsar Bulgaria Ivan Alexander mengisolasi Vidin dari monarki Bulgaria dan mengangkat anaknya, Ivan Stratsimir (1356–1396), sebagai penguasa absolut wilayah Vidin.

Pada tahun 1365, negara ini diduduki oleh Hungaria, tetapi pendudukan ini hanya berlangsung singkat. Walaupun kampanye militer yang dilancarkan oleh sekutu-sekutu Ivan Alexander untuk membebaskan Vidin pada awalnya tidak terlalu berhasil karena Hungaria sempat merebut kota ini kembali, negosiasi yang dilakukan antara Kerajaan Hungaria dengan sekutu Ivan Alexander, Vladislav I Vlaicu dan Dobrotitsa (Despot Kepangeranan Karvuna di Dobruja), berhasil mengembalikan kota ini ke tangan Bulgaria. Kemungkinan Ivan Sratsimir kembali diangkat sebagai penguasa wilayah Vidin pada musim gugur tahun 1369. Pada tahun 1393, seluruh wilayah Bulgaria jatuh ke tangan Kesultanan Utsmaniyah, sehingga mengakhiri riwayat Kekaisaran Bulgaria Kedua. Pada masa itu, Vidin adalah satu-satunya wilayah yang tidak dikendalikan oleh Utsmaniyah, tetapi oleh orang-orang Bulgaria lokal.

Utsmaniyah lalu menaklukkan kedespotan Dobruja, Prilep dan Velbazhd. Kemerdekaan Vidin sendiri tidak bertahan lama. Pada tahun 1396, Stratsimir mengirim pasukan untuk membantu upaya negara-negara Kristen untuk mengusir Kesultanan Utsmaniyah. Akan tetapi, setelah dikalahkan oleh Utsmaniyah di luar kota Nicopolis, Vidin akhirnya jatuh ke tangan Utsmaniyah yang dipimpin oleh Sultan Bayezid I.[1][2]

Pangeran dan Tsar Vidin[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ A Concise History Of Bulgaria, Cambridge Concise Histories, R. J. Crampton, Cambridge University Press, 2005, ISBN 0521616379, hlm. 28.
  2. ^ The Late Medieval Balkans: A Critical Survey from the Late Twelfth Century to the Ottoman Conquest, John Van Antwerp Fine, University of Michigan Press, 1994, ISBN 0472082604, hlm. 423-425.

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]