Kesum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kesum
Persicaria odorata Edit nilai pada Wikidata

Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
OrdoCaryophyllales
FamiliPolygonaceae
SubfamiliPolygonoideae
TribusPersicarieae
GenusPersicaria
SpesiesPersicaria odorata Edit nilai pada Wikidata
Soják, 1974
Tata nama
Sinonim taksonPolygonum odoratum (en) Terjemahkan Edit nilai pada Wikidata

Persicaria odorata, dengan nama umum ketumbar Vietnam, , daun laksa, [1] daun kesum, Kemangi kamboja [2] dan kemangi Vietnam, [3] adalah ramuan yang daunnya digunakan dalam Masakan Asia Tenggara dan India Timur Laut.

Daun kesum tidak berkerabat dengan tanaman mint, juga tidak termasuk dalam keluarga mint Lamiaceae, namun tampilan umum dan aromanya mengingatkan kita pada tanaman tersebut.

Kegunaan makanan[sunting | sunting sumber]

Terutama daunnya diidentifikasikan dengan masakan Vietnam, [4] yang biasanya dimakan segar dalam salad (termasuk salad ayam ) dan dalam gỏi cuốn mentah, serta dalam beberapa sup seperti canh chua dan bún thang, dan semur, seperti ikan kho tộ . Ini juga populer dimakan dengan trứng vịt lộn ( telur bebek yang telah dibuahi).[5]

Namun, di Malaysia, Singapura, dan Indonesia, daun kesum disuwir dan merupakan bahan penting dalam masakan laksa yang populer, yaitu kuah mie pedas, sehingga daun ini biasa disebut sebagai "daun laksa" (daun laksa). Orang Melayu menyebut daunnya 'daun kesum' dan juga menggunakannya untuk masakan nasi kerabu dan asam pedas .

Dalam masakan Kamboja, daunnya dikenal sebagai chi krasang tomhom (bahasa Khmer: ជីរក្រសាំងទំហំ) dan digunakan dalam sup, semur, dan salad. Ini juga digunakan dalam naem (ណែម), gulungan musim panas Kamboja.

Di Laos dan beberapa bagian Thailand, daunnya dimakan dengan daging sapi mentah (bahasa Lao: ລາບ).

Daunnya secara lokal dikenal sebagai phak phai di Manipur, India. Komunitas Khoibu menggiling daunnya dengan lada hantu dan kacang yang dikenal secara lokal sebagai " bonra " untuk membuat lauk pedas.

Di Australia, tanaman ini sedang diteliti sebagai sumber minyak atsiri (kesom oil).

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Daun kesum adalah tanaman tahunan yang tumbuh paling baik di zona tropis dan subtropis dalam kondisi hangat dan lembap. Dalam kondisi yang menguntungkan, ia dapat tumbuh hingga 15–30 cm (6–12 in) . Bagian atas daunnya berwarna hijau tua dengan bintik-bintik berwarna kastanye, sedangkan bagian bawah daun berwarna merah anggur. Batangnya beruas-ruas pada setiap daunnya. Di Vietnam, tanaman ini dapat dibudidayakan atau ditemukan di alam liar. Ia dapat tumbuh dengan baik di luar ruangan pada musim panas di Eropa nontropis. Ia lebih menyukai sinar matahari penuh dan tanah yang dikeringkan dengan baik. Untuk zona iklim yang lebih dingin, mereka harus dibawa ke dalam ruangan selama musim dingin dan diperlakukan sebagai tanaman rumah. Untuk zona iklim dengan musim dingin yang lebih sejuk, mereka akan bertahan hidup di luar, meskipun pertumbuhannya mungkin melambat. Jarang berbunga di luar daerah tropis.

Penggunaan tradisional[sunting | sunting sumber]

Belum ada penelitian ilmiah yang mengukur efek P. odorata terhadap libido. Secara tradisional, di Vietnam, ramuan ini dipercaya dapat menekan dorongan seksual. Sebuah pepatah di Vietnam menyatakan, "rau răm, giá sống" ("sepucuk kesum, segenggam tauge), yang mengacu pada kepercayaan umum bahwa daun kesum mengurangi hasrat seksual, sedangkan tauge memiliki efek sebaliknya. Banyak biksu Buddha menanam daun kesum di kebun pribadi mereka dan sering memakannya, karena percaya bahwa daun kesum membantu mereka tetap membujang.[6]

Penanaman dan perbanyakan di belahan lain[sunting | sunting sumber]

Sumber Amerika Utara menyatakan Persicaria odorata dapat ditanam di luar ruangan di bagian bebas embun beku di Zona USDA 9-11 di tanah yang cukup subur dengan drainase yang buruk atau baik tetapi akan tetap lembab hingga basah. Ia dapat mentolerir sinar matahari penuh jika ada angin sepoi-sepoi dan tanah yang lembab dan berawa. Namun, naungan sebagian diinginkan dan dapat digunakan sebagai penutup tanah di bawah pohon. Jika suhu musim dingin turun di bawah 7°C/45°F, musim dingin yang berlebihan di dalam ruangan dapat dilakukan jika kelembapan dapat dipertahankan. Sumber-sumber di Eropa Utara melarang semua cuaca kecuali musim panas di bawah kaca karena suhunya tahan terhadap suhu H1C (minimal 5-10°C) dengan aspek menghadap Barat dan Selatan lebih disukai. Persicaria odorata tumbuh hingga tinggi dan lebar 6-18 inci (15-45 cm) di sumber AS dan Inggris menyatakan tinggi 1 meter kali penyebaran 1,5 m dimungkinkan dalam 2 hingga 5 tahun. Hama dan penyakit dianggap tidak menimbulkan masalah bahkan kebal terhadap rusa dan kelinci.

Diperbanyak dengan biji di musim gugur atau musim semi tetapi pembungaan dan panen benih jarang terjadi di iklim non tropis. Di musim panas, perbanyakan melalui stek setengah matang seharusnya mudah dilakukan. Stek pengakaran dalam air sangat mudah sehingga sumber-sumber di Amerika Utara menyarankan untuk tidak melakukan musim dingin yang berlebihan di dalam ruangan yang kelembapannya tidak dapat dipertahankan. Sebaliknya, membeli daun kesum segar di awal musim semi dengan biaya yang lebih murah dari supermarket Asia. Buang daun muda di bagian paling atas batang dan daun besar di sepanjang batang. Pangkas bagian bawah batang hingga ruas pertama yang sehat dan masukkan ke dalam air hingga 1-2 cm akar muncul di bawah ruas terbawah lalu tanam di tanah. Harapkan panen sekitar dua bulan kemudian. [7] [8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Persicaria odorata at MBG". Missouri Botanical Garden. Diakses tanggal 12 April 2022. 
  2. ^ "Persicaria odorata". European and Mediterranean Plant Protection Organization (EPPO). Diakses tanggal 15 May 2021. 
  3. ^ "Persicaria odorata". New South Wales Flora Online. Diakses tanggal 9 January 2023. 
  4. ^ Heavenly Fragrance: Cooking with Aromatic Asian Herbs, Fruits, Spices and Seasonings, p.29, Carol Selva Rajah, Tuttle Publishing, 2008
  5. ^ "Vietnamese Coriander". 17 June 2019.  Monday, 8 July 2019
  6. ^ Vietnamese Coriander (Persicaria odorata (Lour.) Soják) page from Gernot Katzer's Spice Pages
  7. ^ "Persicaria odorata at gardenia.net". Jardins Sans Secret LLC, 210 E 61st St, NY 10065. Diakses tanggal 12 April 2022. 
  8. ^ "Persicaria odorata at RHS". The Royal Horticultural Society. Diakses tanggal 12 April 2022.