Lompat ke isi

Kepinggan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kepinggan
Beilschmiedia Edit nilai pada Wikidata

Beilschmiedia tawa
Taksonomi
KerajaanPlantae
DivisiTracheophyta
OrdoLaurales
FamiliLauraceae
GenusBeilschmiedia Edit nilai pada Wikidata
Nees, 1830
Tata nama
Sinonim takson
  • Afrodaphne Stapf
  • Anaueria Kosterm.
  • Bellota Gay
  • Bernieria Baill.
  • Boldu Nees
  • Hufelandia Nees
  • Lauromerrillia C.K.Allen
  • Nesodaphne Hook.f.
  • Purkayasthaea Purkay.
  • Thouvenotia Danguy
  • Tylostemon Engl.
  • Wimmeria Nees[1]
Species
See text

Lelupuk atau kepinggan (Beilschmiedia) adalah genus pohon dan perdu dalam keluarga Lauraceae . Sebagian besar spesiesnya tumbuh di daerah beriklim tropis, namun beberapa di antaranya berasal dari daerah beriklim sedang, dan tersebar luas di Asia tropis, Afrika, Madagaskar, Australia, Selandia Baru, Amerika Utara, Amerika Tengah, Karibia, dan Amerika Selatan . [2] Spesies yang paling dikenal oleh tukang kebun di daerah beriklim sedang adalah B. berteroana dan B. miersii karena toleransinya terhadap embun beku. Benih B. bancroftii digunakan sebagai sumber makanan oleh suku Aborigin Australia . [3] Kayu dari beberapa spesies sangat berharga.

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Beilschmiedia miersii
Daun kepinggan dan buah berbiji

Kepinggan adalah genus yang terdiri dari sekitar 260 hingga 270 spesies [4] pohon atau semak, [5] dengan sekitar 80 spesies di Afrika tropis dan Madagaskar. [6] Umumnya merupakan pohon kanopi, tumbuh pada ketinggian dari dekat permukaan laut hingga 2.200 m. Pepohonan tumbuh di hutan hujan yang berkembang dengan baik, dan di hutan hangat atau beriklim sedang di tanah dengan sedimen yang lebih buruk. [7] [8] Sebagian besar spesies tumbuh di daerah beriklim tropis, tetapi beberapa di antaranya berasal dari daerah beriklim sedang . Mereka tersebar luas di Afrika tropis, Asia, Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, Amerika Tengah, Karibia, dan Amerika Selatan . [8] Kayu dari beberapa spesies sangat berharga.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Beilschmiedia tarairi

Seringkali, kulit batangnya berwarna pucat hingga coklat tua, halus atau kasar, dan mempunyai bulu-bulu halus berwarna coklat kemerahan yang menutupi dahan dengan rapat, dan daun mudanya berwarna kemerahan. Daunnya berwarna hijau tua berselang-seling dan kasar. Terkadang lebar, ada pula yang kecil dan sempit, daunnya memiliki urat-urat cekung yang khas. Bunganya berwarna kehijauan hingga krem hingga kuning kehijauan, dan tangkainya berjumlah 4–6 mm. Bunganya sering kali ditutupi rambut lebat berwarna coklat kemerahan. Bunganya bersifat hermafrodit dan tersusun dalam perbungaan. Perbungaannya berupa malai tegak yang muncul dari ketiak daun. [9] Benang sari berada dalam dua lingkaran; ovarium berada pada posisi superior. [10]

Buahnya bervariasi dari satu spesies ke spesies lainnya' pada beberapa spesies berbentuk buah berbiji, besar dan hijau bulat, 12 diameter cm dengan ujung di bagian atas. Pada spesies lain, buahnya berbentuk buah berbiji tegak, seperti plum, berwarna ungu tua atau terkadang berbentuk elips hingga bulat telur, berwarna ungu tua saat matang, dan ditutupi lapisan lilin. Di tempat lain, buahnya berupa buah berbiji hitam bulat dengan mekar mengkilap, dengan satu biji di dalamnya. Penyebaran benih pada banyak spesies Beilschmiedia dilakukan oleh burung yang menelannya, sehingga dibentuk untuk menarik perhatian burung. Buah berbiji satu ini merupakan sumber makanan penting bagi burung, termasuk menjadi makanan favorit merpati asli Selandia Baru.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Beilschmiedia Nees. Plants of the World Online. Accessed 11 April 2023.
  2. ^ Henk van der Werff (2003). "A synopsis of the genus Beilschmiedia (Lauraceae) in Madagascar" (PDF). Adansonia. sér. 3. 25 (1): 77–92. 
  3. ^ "Australian aborigines from Rainforests". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-07-24. Diakses tanggal 2008-07-21. 
  4. ^ Beilschmiedia Nees. Plants of the World Online. Accessed 11 April 2023.
  5. ^ "Angiosperm Phylogeny Website". 
  6. ^ "Protabase Record". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-02-02. Diakses tanggal 2012-05-25. 
  7. ^ Carlos Ramirez; Cristina San Martin; Jose San Martin; Rodrigo Villaseñor (2004). "Comparación fitosociológica de los bosques de Belloto (Beilschmiedia, Lauraceae) en Chile central" [Phytosociological comparisons of Belloto (Beilschmiedia, Lauraceae) forests in central Chile]. Bosque (dalam bahasa Spanish). 25 (1): 69–85. 
  8. ^ a b "Description and images of Beilschmiedia berteroana (), a native Chilean plant, provided by the supplier of native exotic Chilean seeds, Chileflora.com". chileflora.com. 
  9. ^ Henk van der Werff (2003). "A synopsis of the genus Beilschmiedia (Lauraceae) in Madagascar" (PDF). Adansonia. sér. 3. 25 (1): 77–92. 
  10. ^ "Student 1". mobot.org.