Kenneth J. Alford

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kenneth J. Alford
RICKETTS Frederick J.jpg
Major F.J. Ricketts, psm, R.M.
LahirFrederick Joseph Ricketts
21 Februari 1881
Ratcliff, London, Inggris
Meninggal15 Mei 1945(1945-05-15) (umur 64)
Reigate, Surrey, Inggris
KebangsaanBritish
Nama lainKenneth J. Alford
PekerjaanBritish Army WO1 Bandmaster; Mayor Direktur Musik Marinir Kerajaan; komponis, pengaransemen
Dikenal atasRaja Mars Britania

Kenneth Joseph Alford (lahir di Ratcliff, 21 Februari 1881 – meninggal di Reigate, 15 Mei 1945 pada umur 64 tahun adalah komponis korps musik militer Britania Raya. Lagu-lagu mars diciptakannya dengan nama pena. Nama aslinya adalah Frederick Joseph Ricketts. Nama pena Kenneth J. Alford dipakainya ketika menulis lagu-lagu mars. Ia dikenal sebagai "Raja Mars Britania". Lagu mars ciptaannya, "Colonel Bogey March" terkenal di seluruh dunia setelah dipakai sebagai lagu tema film The Bridge on the River Kwai. Saksofon digunakan di korps musik militer setelah Ricketts sering menggunakan saksofon untuk komposisi ciptaannya.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Ricketts dilahirkan 21 Februari 1881,[1] sebagai anak keempat dari Robert dan Louisa (née Alford) Ricketts di Thameside, Ratcliff, East End, London. Tempatnya dilahirkan berada dalam jangkauan terdengarnya lonceng gereja Bow Bells di Gereja St. Mary-le-Bow, Cheapside sehingga sesuai tradisi ia berhak disebut sebagai orang Cockney asli. Kedua orang tuanya juga orang London asli. Ayahnya adalah pedagang batu bara di Ratcliff, sisi utara Sungai Thames, dekat Limehouse. Adiknya bernama Randolph Robjent, lahir 9 Desember 1884, nantinya juga dikenal di kalangan musik militer dengan nama Leo Stanley.

Ketika berusia 7 tahun, ayahnya meninggal dunia. Ibunya meninggal dunia ketika ia berusia 14 tahun. Pendidikan musik didapatnya dengan belajar bermain piano dan organ, serta menjadi anggota koor jemaat Gereja St. Paul. Sebagai anak laki-laki kelahiran East End London, ia pasti sering mendengar musik yang dimainkan pemusik jalanan, termasuk band-band Jerman dan korps musik Bala Keselamatan. Sebagai anak yatim piatu, Ricketts memastikan pilihan masa depannya sebagai anggota korps musik militer. Sepanjang hidupnya, anggota keluarga dan teman-teman memanggil dirinya, "Joe".

Masuk tentara[sunting | sunting sumber]

Ricketts masuk dinas tentara Royal Irish Regiment paa tahun 1895. Ia dimasukkan sebagai anggota Band Boy. Ia kemungkinan memalsukan usia sebenarnya agar dapat diterima, menuliskan 5 Maret 1880 sebagai tanggal kelahirannya. Pada tahun 1895, usia sebenarnya baru 14 tahun, dihitung mulai 21 Februari. Setelah investigasi status anak-anak dalam tentara yang dilakukan sebelumnya pada tahun 1876, peraturan ketentaraan menjadi lebih ketat. Anak-anak yang masuk tentara pada usia 14 tahun akan dijadikan pemusik, pemain drum, penjahit, tukang sepatu, tukang, atau kerani. Ricketts sebetulnya tidak perlu membuat umurnya lebih tua setahun. Namun sepanjang karier militernya, tanggal lahirnya ditulis 5 Maret 1880. Ia dikenal sebagai siswa yang pandai, ambisius, dan disenangi. Ia mahir bermain kornet hanya dalam beberapa bulan, dan disertakan dalam korps musik resimen. Sebagai anggota korps musik, ia mengikuti resimennya ditugaskan ke Limerick, Irlandia, lalu ke India. Ricketts memanfaatkan waktu luangnya untuk bermain semua alat musik di korps musik. Kepandaiannya bermain piano membuatnya sangat populer di kalangan prajurit. Komposisi pertama yang dibuatnya ketika berusia 15 tahun adalah "For Service Overseas" yang tidak pernah diterbitkan. Ia berdinas militer selama 7 tahun sebelum Kolonel Resimen Royal Irish dan kepala korps musik Mr. J. Phillips memberinya rekomendasi untuk memasuki kursus Student Bandmaster di Royal Military School of Music, Twickenham, Middlesex, pinggiran kota London. Prestasi Ricketts yang waktu itu masih berusia 23 tahun tergolong luar biasa, dapat masuk ke Royal Military School of Music, di Kneller Hall.

Royal Military School of Music[sunting | sunting sumber]

Dua tahun belajar di Kneller Hall dimulainya pada musim panas 1904. Pelajaran tahun pertama terdiri dari dasar-dasar harmoni, kontrapung, instrumentasi, latihan aural, komposisi dan aransemen, diajarkan oleh siswa senior yang sudah lulus. Di samping itu, Student Bandmaster diwajibkan belajar dasar-dasar dan lulus tes bermain lima jenis instrumen musik tiup kayu dan lima jenis instrumen musik tiup logam yang umum dimainkan oleh korps musik militer. Selain itu, siswa harus mengikuti berbagai latihan band, konser musim panas, ditambah disiplin ketat militer. Pengajar tingkat dua adalah deose berkualifikasi dari bidangnya, sering berasal dari Royal College of Music atau pemusik profesional. Pelajaran tahun kedua berpuncak pada kompetisi membuat aransemen, komposisi (band konser dan band alat tiup logam), menjadi dirigen, dan musik misa (memimpin dan menciptakan prelude organ dan kidung mazmur. Ricketts berprestasi baik di Kneller Hall, namun tidak memenangi kompetisi lagu mars. Pemenangnya adalah W.V. Richards dengan lagu mars berjudul Namur, untuk menghormati Royal Irish Regiment. Lagu tersebut diterbitkan oleh Richards pada tahun 1908, namun berciri khas seperti lagu karya Alford.

Ricketts lulus pada tahun 1906. Nilainya begitu tinggi sehingga ia dipertahankan di Kneller Hall sebagai organis kapel dan asistant Direktur of Musik, Letnan (nantinya Letkol) Arthur Stretton, selama dua tahun. Meskipun pos School Bandmaster belum ada hingga tahun 1949, Ricketts kemungkinan sudah menjalankan tugas-tugas yang dijalani School Bandmaster selama dua tahun. Pada tahun 1929, Kneller Hall memperkenalkan sertifikat tingkat lanjut untuk bandmaster yang sudah memenuhi syarat (meskipun masih harus lulu dari serangkaian ujian lagi). Sertifikat tersebut diberikan secara retroaktif kepada lulusan yang telah menunjukkan prestasi di atas standar, atau lulusan yang telah berdinas sebelum tahun 1929. Ricketts termasuk salah satunya yang menerima penghargaan tersebut, dan berhak memakai gelar "psm" (pass, school of music) di belakang namanya.

Daftar lagu mars[sunting | sunting sumber]

  • The Thin Red Line (1908): diberi judul sesuai julukan untuk resimennya, didapat setelah 93rd Highlanders (Argylls) berhasil menahan gerak maju Rusia dalam Perang Krimea.
  • Holyrood (1912): diberi judul sesuai nama Kastil Holyroodhouse di Edinburgh, memperingati tahun nak tahta Raja George V dan Ratu Mary. Mars ini sekarang dijadikan mars march is now the quick march of the Resimen RAF.
  • The Vedette (1912)
  • Colonel Bogey (1914) - Mars ini berasal dari siulan, kemungkinan oleh seorang kolonel yang dikembangkan menjadi mars paling populer ciptaan Kenneth J. Alford.
  • The Great Little Army (1916) - memperingati prajurit Perang Dunia I Britania yang dijuluki musuh sebagai "The Contemptible Little Army".
  • On the Quarter Deck (1917)
  • The Middy (1917) - diciptakan untuk memperingati Pertempuran Laut Jutland 1916.
  • The Voice of the Guns (1917) - awalnya dimaksudkan untuk menghormati artileri Britania di Perang Dunia I, namun kemudian diadopsi oleh angkatan darat Britania. Lagu ini dimainkan dalam film Lawrence of Arabia (1962).
  • The Vanished Army (1918) - didedikasikan untuk mengenang 100.000 prajurit pertama yang gugur dalam Perang Dunia I. Anak judul: "They Never Die."
  • The Mad Major (1921) - Mayor Graham Seton Hutchinson dijuluki sebagai Mayor Gila, keberanian yang membuatnya mendapat Military Cross dan DSO.
  • Cavalry of the Clouds (1923) - penghormatan untuk Royal Air Force
  • Dunedin (1928) - diberi judul untuk memperingatan Dunedin Exhibition 1925/1926 di Selandia Baru
  • Old Panama (1929) - Ricketts kembali dari Dunedin lewat Terusan Panama
  • HM Jollies (1929) - "HM Jollies" adalah julukan untuk Royal Marines. Alford menulis mars ini dua tahun setelah masuk Royal Marines.
  • The Standard of St George (1930) - lagu ini diilhami setelah menonton Trooping the Colour di Horse Guards Parade.
  • By Land and Sea (1941) - lagu mars ini berasal dari lagu yang diikutsertakan Alford dalam kompetisi lagu mars tempo lambat untuk Royal Marines pada tahun 1934. Judul lagu ini merupakan terjemahan bahasa Inggris untuk moto Royal Marines, “Per Mare Per Terram”.
  • Army of the Nile (1941) - dipersembahkan untuk mengenang General Wavell atas jasanya menahan gerak maju Blok Poros di Mesir
  • Eagle Squadron (1942) - Eagle Squadron beranggotakan penerbang-penerbang RAF sebelum Amerika Serikat terjun dalam kancah perang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Paul E. Bierley, ed. (1991). "Ricketts, Frederick J.". The Heritage Encyclopedia of Band Music. 2. Integrity Press. hlm. 629. ISBN 978-0-918048-08-0. 
  • Trendell, John, Colonel Bogey to the Fore, a biography of Kenneth J. Alford (1991)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]