Kenesa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kenesa Karaim di Lutsk (Ukraina)
Bagian dalam kenesa di Yevpatoriya, Krimea.

Kenesa adalah sinagoge orang-orang Karaim. Kata ini berasal dari bahasa Aram dan berarti "majelis" (sinagoge dalam bahasa Ibrani disebut beit knesset).

Kenesa Karaim modern mirip dengan sinagoge-sinagoge Yahudi. Di Eropa Timur, kenesa didirikan di sepanjang poros utara-selatan (ke arah Yerusalem). Di dalam kenesa terdapat (diurutkan dari pintu masuk utara):

  • Azar atau tempat melepaskan sepatu. Sepatu tidak boleh dikenakan di dalam kenesa.
  • Moshav Zekenim (מושב זקנים): kursi-kursi kayu untuk orang tua dan berkabung, biasanya berada di bawah atap rendah. Ruang di atas atap ini dikhususkan untuk perempuan dan mereka tidak terlihat oleh laki-laki di lantai dasar.
  • Shulkhan (bahasa Aram: שולחן‎ "meja"): balai utama. Ibadah Karaim tradisional dilakukan sembari berlutut. Pada zaman dulu, terdapat karpet di lantai kenesa, tetapi kenesa modern menggunakan kursi.
  • Hekhal, atau altar (היכל): tempat ritual.

Kenesa yang masih tersisa[sunting | sunting sumber]

Terdapat 20 kenesa di bekas wilayah Kekaisaran Rusia, dengan sembilan di antaranya berada di Krimea (pada tahun 1918, dua kenesa lain didirikan). Semua kenesa yang masih tersisa dilindungi sebagai bangunan bersejarah, tetapi banyak yang sudah usang. Sementara itu, banyak kenesa lain (seperti kenesa di Sevastopol) yang masih cukup baik kondisinya yang malah dikelola oleh pemerintah atau pemilik pribadi dan bukan oleh komunitas Karaim. Tempat ibadah utama kelompok Karaim di Ukraina terletak di Yevpatoria, Krimea. Di situ terdapat dua kenesa independen.

Kenesa di Lituania dibangun pada abad ke-14 di Trakai, Biržai, Kėdainiai, Panevėžys dan Vilnius. Kenesa yang berasal dari awal abad ke-20 masih bertahan di Trakai dan Vilnius. Sementara itu, tidak ada satu pun kenesa yang tersisa di Galicia (walaupun keberadaan kelompok Karaim di wilayah tersebut dapat ditilik kembali ke abad ke-13) dan kenesa terakhir di Halych dihancurkan oleh Uni Soviet pada tahun 1985. Di sisi lain, satu-satunya kenesa yang masih bertahan di Turki terletak di Hasköy, Istanbul.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Album "Karaite kenassas in Eupatoria and other kenassas of the world", ed. by V. V. Mireyev, Simpferopol, 2006 = Альбом "Комплекс караимских кенасс в Евпатории и другие кенассы в мире", ред. В. В. Миpеев, Cимферополь, 2006