Kemantran, Kramat, Tegal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kemantran)
Kemantran
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenTegal
KecamatanKramat
Kode pos
52181
Kode Kemendagri33.28.15.2004
Jumlah penduduk4000


Kemantran adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Indonesia. Dengan motto SATE (Sehat, Aman, Tertib dan Elok).

Desa Kemantranpusat perekonomian dan ibu kota kecamatan Kramat. Sebelah utara berbatasan dengan desa Babakan, sebelah selatan dengan desa Bumiharja, sebelah timur dengan desa Kertaharja, dan sebelah barat dengan desa Jatilawang.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Desa Kemantran mempunyai sebuah Pasar Tradisonal yang cukup besar ramai dengan pedagang yang datang dari desa tetangganya. Lapangan standar sering dipergunakan untuk menggelar pertandingan sepak bola antar desa, upacara agustusan, dan pasar malam, serta bioskop layar tancap berada di depan Kantor Kepala Desa. Desa kemantran termasuk desa yang memiliki masyarakat yang sudah majemuk, itu disebabkan karena banyaknya pendatang dari bebagai daerah seperti Batak, Sunda, dan masyarakat Solo

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nama Kemantran dipercaya berasal dari nama pendiri desa ini yaitu Mantra, yang kemudian sering disebut sebagai Mbah Mantra. Kemungkinan besar Mbah Mantra membuka desa ini pasca perang Diponegoro, sekitar tahun 1850-an. Dibandingkan dengan desa desa disekitarnya maka dapatlah dikatakan pembukaan desa ini sebuah kisah sukses Mbah Mantra. Pada kalangan kaum tua, kita dapat mendengar cerita epik, termasuk kisah perselingkuhan istri Mbah Mantra dengan Pembuka Desa tetangganya. Termasuk cerita mistis tentang kereta kuda dan tentu saja kuda tunggangan Mbah mantra yang masih suka memperlihatkan diri pada malam hari yang sunyi.

Pada masa Pemerintahan Belanda, di desa ini pernah berdiri Pabrik Gula Kemantran yang dibangun pada tahun 1868. Namun sayangnya PG Kemantran ini dihancurkan oleh Jepang pada tahun 1942, hingga sekarang keberadaan PG Kemantran ini masih menjadi misteri. Namun beberapa bekas PG Kemantran yang masih terlihat adalah kantor sebagian gedung dibelakang kantor kecamatan Kramat, beberapa rumah Belanda, dan sisa-sisa tembok kuno.

Mata Pencaharian[sunting | sunting sumber]

Penduduk Kemantran umumnya bekerja sebagai pedagang tapi juga ada yang bekerja sebagai petani, pegawai, buruh, polisi dan TNI.

Sarana Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  • SMA/SMK
 1.SMK Muhammadiyah Kramat
 2.SMK NU Kramat
  • SMP
 1. SMP PGRI
 2. MTs Islamiyah

Wisata Kuliner[sunting | sunting sumber]

Sate Tegal banyak dijajakan di warung makan.