Keluarga hamster

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Keluarga hamster
Rentang fosil: Oligosen awal–sekarang
Mesocricetus auratus
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Superfamili:
Famili:
Cricetidae

Genus tipe
Cricetus
Linnaeus, 1758
Subfamili

Lihat teks

Keluarga hamster atau Cricetidae adalah keluarga hewan pengerat dalam superkeluarga besar dan kompleks Muroidea. Keluarga ini termasuk hamster sejati, vole, lemming, tikus-kesturi, serta tikus dan mencit Dunia Baru. Dengan hampir 608 spesies, ini adalah keluarga mamalia terbesar kedua, dan anggotanya tersebar di seluruh Amerika, Eropa, dan Asia.

Evolusi & Sistematik[sunting | sunting sumber]

Cricetidae pertama kali berevolusi di Dunia Lama pada zaman Oligosen Awal.[1][2] Mereka segera beradaptasi dengan berbagai habitat dan menyebar ke seluruh dunia. Vole dan lemming muncul kemudian pada zaman Pliosen, dan dengan cepat terdiversifikasi selama zaman Pleistosen.[3]

Batasan Cricetidae telah melalui beberapa permutasi. Beberapa anggota famili seperti yang didefinisikan saat ini telah ditempatkan dalam famili Muridae. Beberapa muroidea secara historis pernah ditempatkan dalam famili ini, seperti hamster mirip tikus (genus Calomyscus, famili Calomyscidae), gerbil (subfamili Gerbillinae, famili Muridae), tikus jambul (Lophiomys imhausi, famili Muridae), zokor (subfamili Myospalacinae, famili Spalacidae), tikus ekor putih (Mystromys albicaudatus, famili Nesomyidae), dan Platacanthomyidae. Studi pengurutan DNA multigen telah menunjukkan subfamili yang tercantum di bawah ini membentuk kelompok monofiletik (yaitu, mereka berbagi leluhur yang sama lebih baru dibandingkan dengan kelompok lain), dan kelompok lain yang sekarang dianggap muroidea tidak boleh dimasukkan dalam Cricetidae.[4]

Saat ini cricetidae mencakup satu fosil dan lima subfamili yang masih ada, dengan sekitar 112 genus yakni:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Agusti, Jordi; Antón, Mauricio (2002). Mammoths, Sabretooths, and Hominids. Columbia University Press. hlm. 80. ISBN 0-231-11640-3. 
  2. ^ Freudenthal, M. (1996). "The Early Oligocene rodent fauna of Olalla 4A (Teruel, Spain)". Scripta Geologica. 112: 1–67. 
  3. ^ Savage & Long (1986): 122–124
  4. ^ Michaux et al. (2001), Jansa & Weksler (2004), Norris et al. (2004), Steppan et al. (2004)