Kelenjar harderian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kelenjar harderian adalah kelenjar yang ditemukan di dalam orbit mata yang terdapat pada binatang vertebrata (reptil, amfibia, burung, dan mamalia) yang memiliki membran pengelip.

Kelenjar ini dapat menjadi senyawa tubuloalveolar tubular atau majemuk, dan cairan itu mengeluarkan (mukosa, serosa atau lipid) bervariasi antara berbagai kelompok binatang. Dalam beberapa hewan itu bertindak sebagai aksesori ke kelenjar lakrimal, mensekresi cairan yang memudahkan gerakan membran pengerjap. Penelitian telah mengusulkan bahwa kelenjar memiliki beberapa fungsi lain, termasuk dari organ photoprotective, lokasi dari respon imun, sumber lipid thermoregulatory, sumber feromon, sebuah situs osmoregulasi, dkk.

Kelenjar ini dapat berupa kelenjar tubular atau kelenjar alveolus, dan cairan yang dikeluarkan (mukosa, serosa atau lipid) berbeda antara berbagai kelompok binatang. Pada beberapa binatang cairan itu bertindak sebagai tambahan pada kelenjar lakrimal, mensekresi cairan yang memudahkan gerakan membran pengelip.

Kelenjar harderian pertama kali dipublikasaikan tahun 1694 oleh seorang anatomis Swiss, Johann Jacob Harder (1656–1711), dalam tulisan berjudul "A new lachrymal gland with an excretory duct in red and fallow deer"

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]