Kelarik, Bunguran Utara, Natuna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kelarik
Negara Indonesia
ProvinsiKepulauan Riau
KabupatenNatuna
KecamatanBunguran Utara
Kode Kemendagri21.03.08.2002 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Kelarik merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Bunguran Utara, Kabupaten Natuna, provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

Sejarah desa Kelarik tidak bisa dipisahkan dengan desa Air Mali,karena pada awal pembentukannya Desa Air Mali berperan penting. Sejarah kepemimpinan desa Kelarik di mulai dari zaman dahulu kala ketika cina dan negara tetangga melakukan perdagangan dan pulau Bunguran menjadi tempat persinggahan. Kepimimpinan tercatat dimulai dari Muhammad Said yang berlokask di desa Air Mali (sekarang menjadi desa Kelarik Air Mali). Lalu dilanjutkan oleh Abdul Wahab dan masih berlokasi di desa Air Mali. Lalu puncaknya,kepemimpinan dilanjutkan oleh H.Muhammad Ismail mulai dari tahun 80-an hingga tahun 2004. dibawah kepimimpinan H.Muhammad Ismail, lokasi pemerintahan sudah berpindah di Kelarik Selahang yang sekarang dikenal dengan Desa Kelarik. kemudian Tarmadi dipilih menjadi pengganti hingga tahun  2019 setelah berpuluh tahun dipimpin oleh H.Ismail Muhammad. selanjutnya tampuk kepemimpinan dilanjutkan oleh Samsul Bahri hingga 2015. Hingga kini,Indra ditunjuk sebagai pjs kades hingga akhir desember 2016 saat tulisan ini ditulis. 

prestasi. Beragam prestasi telah ditorehkan,yaitu: 1. Juara 2 lomba desa tingkat daerah tk.II provinsi Riau tahun 1980 2. Penghargaan Menteri Disdikbud Fuad Hasan Tahun 1990 3. juara 3 tingkat kecamatan bunguran utara tahun 2019 4. Juara 3 lomba desa tingkat kabupaten Natuna Tahun 2016 Saat ini perangkat Desa yang menjadi motor penggerak adalah: -Bujang Zainuddin -Hasim -Marinira -Ahmad Bukhari,S.Sos -Hadi Marhijanto,M.Or -Asmarani -Marinira -Matnur Saat ini (2016), akan dilangsungkan Pilkades dan calonnya yaitu: 1.Indra (pjs sekarang) 2. Samsul Bahri (petahana) 3. Har Pilkades sendiri akan diadakan tgl 27 nopember 2016 tahun ini. Potensi Sebagian penduduk umumnya nelayan dan petani. hasil perikanan umumya ikan mati yaitu tongkol. sedangkan pertanian umumnya cengkeh dan sebagian kecil pertanian sayur namun untuk konsumsi pribadi. Pariwisata Desa Kelarik memiliki wisata pantai, laut dan pulau. hanya saja belum dikelola oleh masyarakat Tradisi Warga Kelarik umumnya Melayu hanya sebagian kecil bersuku jawa,batak dan keturunan cina