Kejuaraan Atlantik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kejuaraan Atlantik
KategoriRoda terbuka
Negara atau daerahAmerika Serikat United States
Kanada Canada
Musim pertama1974
Pembalap24
Tim12
KonstruktorSwift Engineering, Van Diemen, JDR, Photon, Firman
Pemasok mesinMazda
Toyota
Honda
Juara pembalapAmerika Serikat Dario Cangialosi
Juara timAmerika Serikat K-Hill Motorsports
Situs webAtlantic Championship Series
Musim saat ini

Kejuaraan Atlantik adalah rangkaian balap mobil formula dengan perlombaan di seluruh Amerika Utara. Seri ini pernah disebut Champ Car Atlantics (setelah hubungannya dengan mobil Indy Champ Car), Atlantik Toyota (karena sejarah sebelumnya dalam menggunakan mesin bertenaga Toyota), atau hanya Atlantics atau Formula Atlantik. Namun, kedua istilah terakhir tersebut berpotensi menyebabkan kebingungan dengan divisi Formula Atlantik amatir dari Sports Car Club of America.

Mulai tahun 2012, seri ini dihidupkan kembali dengan pengawasan SCCA Pro Racing oleh Formula Race Promotions, setelah sebelumnya seri ini terakhir kali berlomba pada tahun 2009 di bawah pengawasan IMSA. FRP beralih ke pengawasan USAC pada tahun 2017. Namun, pada tahun 2019, FRP kembali mengambil kendali atas seri ini dengan dukungan dari SCCA Pro Racing.

Informasi seri[sunting | sunting sumber]

Seri Atlantik adalah seri balap mobil roda terbuka pengembangan di Amerika Utara, juga disebut sebagai "seri tangga". Pada tahun 2005, faktor baru diumumkan untuk memperkuat reputasinya sebagai seri terakhir di mana seorang pembalap akan berkompetisi sebelum pindah ke Champ Car, atau tingkat tertinggi balap mobil sport seperti American Le Mans Series. Hadiah sebesar 2 juta dolar AS diumumkan bagi pemenang musim balap 2006 dan musim-musim berikutnya, dengan pembatasan bahwa hadiah ini hanya dapat digunakan untuk biaya berkompetisi dalam Champ Car World Series.[1] Simon Pagenaud menjadi juara pada tahun 2006 dan memenangkan hadiah tersebut. Ia segera pindah ke Champ Car pada tahun 2007 untuk balapan bersama Walker Racing.

Juara seri untuk tahun 2007, Raphael Matos, juga memenangkan hadiah 2 juta dolar AS untuk mendapatkan kesempatan balapan di Champ Car. Namun, ia memutuskan untuk tidak menerimanya karena ia merasa tanpa sponsor lain, ia akan mengemudi untuk tim yang tidak kompetitif. Matos malah menerima tawaran dari tim Andretti Green Racing dalam seri pengembangan Firestone Indy Lights, di mana ia dijanjikan kesempatan untuk balapan di Indy 500 dan kesempatan balapan di IndyCar Series di masa depan.[2] Franck Perera, yang finis di posisi kedua pada tahun 2007 dengan delapan kali podium dan tiga kali kemenangan akhirnya menandatangani kontrak untuk balapan bersama tim Champ Car, Conquest Racing. Ketika Champ Car dibeli oleh IndyCar sebelum musim 2008, Conquest bergabung dengan IndyCar dengan Perera.

Pada tahun 2009, seri ini menawarkan hadiah tak terbatas sebesar 1 juta dolar AS untuk juara musim, 500.000 dolar AS untuk posisi kedua, dan 250.000 dolar AS untuk posisi ketiga dalam musim. Hadiah-hadiah musim ini merupakan bagian dari total hadiah sebesar 3 juta dolar AS, yang juga termasuk 50.000 dolar AS untuk setiap kemenangan dalam perlombaan, serta bonus lain seperti hadiah uang untuk posisi pole.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]