Kedung Kamal, Grabag, Purworejo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kedung Kamal
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Purworejo
Kecamatan Grabag
Pemerintahan
 • Kepala desa Tatang Pratomo
Kodepos 54265
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Kedung Kamal adalah sebuah desa di kecamatan Grabag, Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia. Sebagaimana desa-desa lainnya di kecamatan Grabag, pertanian merupakan mata pencaharian utama. Padi menjadi tanaman pokok. Setahun penduduk Kedungkamal panen padi dua kali. Periode Oktober - Februari dan April - Juli. Hanya sedikit sekali yang berani nanam di musim kemarau, sehingga lebih banya lahan bero (tanpa tanaman) di periode Juli -September. Beberapa pemuda yang berani ambil risiko tanam di musim kemarau misalnya saja Aji dari dusun Lengis. Setiap tahunnya pasti menanam jagung hibrida (DK, Pioneer, NK, ADV) di Periode Kemarau. Sementara petani lain ragu-ragu untuk bercocok tanam, tetapi Aji tetap melaju. Sebenarnya sayang jika lahan bero yang begitu luas dibiarkan begitu saja. paling tidak ada tambahan penghasilan petani saat musim kemarau. Karena untuk mendapatkan benih jagung hibrida tsb sangat mudah. Di desa Kedungkamal sudah ada perwakilan penyalur benih jagung dari Yogyakarta yakni Tanijaya Unggul. Tri Laksono adalah mewakili agen tersebut.

Untuk Pencaharian yang lain adalah PNS,karyawan Pabrik, wiraswasta, crew kapal pesiar,. Kedungkamal juga banyak dijumpai pohon kelapa, sehingga banyak warganya yang berwirausaha membuat minyak kelapa (minyak klentik) bahkan membuat VCO (Virgin Coconut Oil) yang cukup terkenal.

Saat ini (2014) pemerintahan desa di kepalai oleh Lurah Tatang. Lurah Tatang yang masih relatif muda diharapkan bisa membawa banyak perubahan demi kemakmuran warganya. Semboyan "one village one product" mestinya bisa memacu pemerintah desa mengangkat program desanya. Kedungkamal akan maju jika pemerintah desa fokus pada sumber daya desa yang dimiliki.

Hari ini Senin 30 Oktober 2017 desa Kedungkamal kembali melaksanakan pemilihan Kepala Desa, dan untuk ke2 kalinya Bapak Tatang Partomo kembali terpilih menjadi kepala desa Kedungkamal untuk 6 tahun kedepan.