Kedidi Temminck

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kedidi Temminck
Calidris temminckii

In breeding plumage
Rekaman
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22693388
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusCalidris
SpesiesCalidris temminckii
Leisler, 1812
Tipe taksonomiCalidris
Tata nama
Sinonim taksonErolia temminckii[1]
Distribusi

Range of C. temminckii

     Breeding      Passage      Non-breeding

Kedidi Temminck ( Calidris temminckii ) adalah sejenis burung perandai kecil. Nama umum burung ini dan binomial Latin memperingati naturalis Belanda Coenraad Jacob Temminck . Nama genusnya berasal dari bahasa Yunani Kuno kalidris atau skalidris, istilah yang digunakan oleh Aristoteles untuk beberapa burung tepi sungai berwarna abu-abu. [3]

Kedidi Temminck adalah salah satu spesies yang tunduk pada Perjanjian Konservasi Burung Air Migrasi Afrika-Eurasia ( AEWA ).

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Burung-burung ini adalah perandai yang sangat kecil, dengan ukuran 135–15 cm (53,1–5,9 in) panjang. Ukurannya mirip dengan tugas kecil ( Calidris minuta ) tetapi berkaki lebih pendek dan bersayap lebih panjang. Kakinya berwarna kuning dan bulu ekor luarnya berwarna putih, berbeda dengan kaki kecilnya yang berwarna gelap dan bulu ekor luarnya berwarna abu-abu. Mereka mengeluarkan suara yang kencang dan menjerit.

Ini adalah burung perandai dengan corak warna yang monoton dan tidak menarik, dengan bagian atas dan kepala berwarna coklat polos, dan bagian bawah berwarna putih kecuali dada yang lebih gelap. Burung dewasa yang sedang berkembang biak memiliki bulu mantel berwarna kemerahan yang lebih cerah untuk menghilangkan penampilan yang umumnya tidak dapat dibedakan. Pada bulu musim dingin, penampilan umumnya mengingatkan pada versi kecil trinil pantai.

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Habitat berkembang biak kedidi ini adalah rawa-rawa di taiga Arktik di Eropa utara dan Asia . Ia akan berkembang biak di Skandinavia bagian selatan dan kadang-kadang di Skotlandia . Ia memiliki tampilan penerbangan melayang yang khas. Ia bersarang di tanah, bertelur 3-4 butir. Kedidi Temminck melakukan migrasi besar-besaran, musim dingin di perairan tawar di Afrika tropis, anak benua India, dan sebagian Asia Tenggara .

Kedidi Temminck memiliki sistem pembiakan dan pengasuhan yang menarik di mana induk jantan dan betina mengerami telur secara terpisah, biasanya di lokasi berbeda. Jantan membangun wilayah kecil dan kawin dengan betina yang pertama kali bertelur. Dia kemudian pindah ke wilayah kedua dan kawin, dan meletakkan sarang kedua yang dia inkubasi sendiri. Pada saat yang sama, pejantan pertamanya dapat kawin dengan betina kedua, yang akan bertelur kedua di wilayahnya. Pejantan kemudian mengerami pasangan pertamanya sendirian.

Persilangan nyata antara spesies ini dan kedidi kecil telah dilaporkan dari Belanda .

Makanan[sunting | sunting sumber]

Burung-burung ini mencari makan di lumpur lunak dengan beberapa tumbuh-tumbuhan, terutama mengambil makanan melalui penglihatan. Mereka mempunyai perilaku makan khas seperti tikus, merayap terus di sepanjang tepi kolam. Mereka kebanyakan memakan serangga dan invertebrata kecil lainnya. Mereka tidak suka berteman seperti para kedidi atau Calidris lainnya, dan jarang membentuk kelompok besar.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Calidris temminckii di Avibase
  2. ^ BirdLife International (2019). "Calidris temminckii". 2019: e.T22693388A146637675. doi:10.2305/IUCN.UK.2019-3.RLTS.T22693388A146637675.en. 
  3. ^ Jobling, James A (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London: Christopher Helm. hlm. 84. ISBN 978-1-4081-2501-4.