Katedral Zamboanga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Zamboanga
Katedral Metropolitan Bunda Maria Dikandung Tanpa Noda
Spanyol: Catedral Metropolitana de la Inmaculada Concepción de Zamboanga
LokasiKota Zamboanga
NegaraFilipina
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekAbarro and Associates
Tipe arsitekturgereja
GayaModern
Peletakan batu pertama1998
Selesai2002
Biayaabout 85,000,000
Spesifikasi
Kapasitas1.000+ (gereja utama)
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Zamboanga

Katedral Metropolitan Dikandung Tanpa Noda, umumnya dikenal sebagai Katedral Zamboanga, adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Kota Zamboanga, Filipina. Katedral ini merupakan pusat kedudukan Keuskupan Agung Zamboanga.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja pertama awalnya terletak di depan Plaza Pershing, tempat berdirinya Universidad de Zamboanga saat ini. Gereja ini ditetapkan sebagai katedral pada tahun 1910 ketika keuskupan Zamboanga dibentuk. Pada tahun 1943, katedral ini merupakan salah satu bangunan yang dibombardir oleh tentara Jepang selama Perang Dunia II. Pada tahun 1956, katedral dipindahkan ke samping Universitas Ateneo de Zamboanga, yang sebelumnya dikenal sebagai Jardin de Chino.

Fitur katedral[sunting | sunting sumber]

Katedral asli[sunting | sunting sumber]

Katedral yang terletak di Plaza Pershing ini terbuat dari kayu dan beton. Gambar Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda terletak di altar utama, dengan dua santo Yesuit Ignatius dari Loyola dan Fransiskus Xaverius di setiap sisinya. Gambar sang pelindung dikatakan terhindar dari bom Perang Dunia II dan dipindahkan ke jalan yang sekarang dikenal sebagai Jalan La Purisima.

Katedral tua di La Purisima (1956–1998)[sunting | sunting sumber]

Struktur bekas katedral dirancang pada tahun 1956. Situs ini dulunya adalah kapel Jardin de Chino. Fasadnya terdiri dari patung Immaculate Conception seukuran aslinya di sisi kiri dan menara lonceng di kanan. Kapel orang-orang kudus terletak di dalam area di mana gambar di luar berada. Jalan salib terbuat dari kaca berwarna di setiap sisinya dan stasiun tambahan, "Kebangkitan", terletak di dekat altar kanan di area pengakuan dosa. Kemudian relief perunggu Perjamuan Terakhir ditempatkan di kapel siang hari yang kemudian berfungsi sebagai kapel adorasi abadi.

Katedral Metropolitan (1998–sekarang)[sunting | sunting sumber]

Struktur katedral saat ini dibangun pada tahun 1998–2002 dalam bentuk salib, dengan desain seperti lilin yang sesuai dengan pelindung katedral. Di dalam gereja utama terdapat patung marmer Dikandung Tanpa Noda yang dirancang oleh Seniman Patung Nasional Filipina Napoleon Abueva. Di sepanjang lorong terdapat gambar simbolis kaca patri dari semua keuskupan di Mindanao dari tahun 1910 hingga 1984. Kapel siang hari di lantai dasar digunakan untuk misa hari kerja. Di depan kapel siang hari terdapat tempat pembaptisan dengan relik Bunda Pilar, pelindung kota. Di belakang kapel siang hari terdapat columbarium dengan replika "Pietà" karya Michelangelo" dan gambar kaca patri dari 12 rasul di sekitarnya. Sayap kiri menampung kantor paroki dan kapel adorasi, sedangkan gedung pertemuan terletak di sayap kanan. Patung asli Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda yang ditempatkan di altar utama gereja tua dapat dilihat di kantor paroki.

Struktur baru katedral ini dirancang oleh Abarro and Associates melalui upaya mantan Mgr. Crisanto de la Cruz mengatakan, pembusukan langit-langit katedral lama yang dirusak rayap menjadi salah satu alasan mengapa rekonstruksi harus dilakukan. Desain katedral baru diresmikan pada bulan Desember 1997. Struktur lama telah dibongkar sehari setelah Paskah pada tahun 1998, mempertahankan jendela kaca patri dan pahatannya dari fasad, yang masing-masing terletak di bagian belakang gereja baru dan di sisi kiri. Katedral ini diresmikan secara khidmat pada tanggal 6 Desember 1999, dengan Kardinal-Uskup Agung Ricardo Vidal dari Cebu dan Presiden Joseph Estrada Ejercito sebagai tamu kehormatan. Kapel siang hari, kolumbarium, tempat pembaptisan, aula serbaguna dan kantor dibangun pada tahun 2002.

Penambahan katedral yang lebih baru adalah Menara Lonceng Century, yang dibangun pada hari raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda pada tahun 2010. Menara tempat lonceng bergantung ini, terletak di sisi Ateneo katedral, menandai peringatan 100 tahun Keuskupan Agung Zamboanga.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]