Katedral Vitoria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Vitoria
Katedral Maria Tak Bernoda
Spanyol: Catedral de María Inmaculada de Vitoria
Katedral Vitoria
LokasiVitoria
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Vitoria

Katedral Vitoria yang bernama resmi Katedral Maria Tak Bernoda (bahasa Basque: Maria Sortzez Garbiaren katedrala, Spanyol: Catedral de María Inmaculada de Vitoria, biasanya dikenal sebagai "Katedral baru" (bahasa Basque: Katedral Berria, Spanyol: Catedral Nueva) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Vitoria- Gasteiz, Negara Basque, Spanyol. Katedral in dibangun pada paruh pertama abad ke-20.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Periode konstruktif pertama (1907-1914)[sunting | sunting sumber]

Pembangunan pada tahun 1912

Di lokasi yang ditempati oleh Biara Brígidas, dekat Taman Florida, pekerjaan dimulai pada tanggal 4 Agustus 1907, berdasarkan rencana arsitek Julián Apraiz [1] dan Javier de Luque dan dengan bantuan José Cadena y Eleta, uskup Vitoria saat itu.

Periode konstruktif kedua (1946-1969)[sunting | sunting sumber]

Model proyek asli katedral baru. Itu belum selesai.

"Reruntuhan" Katedral yang populer ditutupi oleh tanaman ivy dan rumput liar. Pekerjaan baru dimulai kembali pada tahun 1946, setelah Perang Saudara Spanyol berakhir. Mereka dibantu secara ekonomi oleh uskup Carmelo Ballester Nieto dan diarahkan oleh arsitek Miguel de Apraiz Barreiro, putra Julian.

Konstruksi berjalan lambat, menghormati gaya awal tetapi menggabungkan teknik baru dari beton dan batu buatan. Pada tahun 1949 rawat jalan dan bagian bawah menuju transept selesai dibangun. Pada tahun 1952, bagian tengah pastoran yang tinggi, portal sisi utara, dan menara rendah, bukan kubah aslinya, dibangun. Antara tahun 1960 dan 1963 jendela-jendela yang dibuat pada periode pertama ditempatkan, dan relief rawat jalan oleh seniman es:Enrique Monjo. Antara tahun 1964 dan 1969 sisa katedral ditutupi tanpa penambahan penopang eksternal, yang tidak diperlukan karena penerangan dan penguatan karena penggunaan material baru yang disebutkan di atas.

Meskipun belum selesai, kuil tersebut ditahbiskan pada tanggal 24 September 1969 oleh wakil kepausan Kardinal Dell'Acqua, didampingi oleh beberapa uskup agung dan uskup Spanyol, dan di hadapan kepala negara, Jenderal Francisco Franco, istrinya dan hampir semua pemerintahan.

Pekerjaan ini selesai pada tahun 1973, ketika kepala keuskupan adalah Uskup Francisco Peralta, berkat gabungan alokasi keuangan dari Dewan Provinsi Alava, Kementerian Perumahan dan sejumlah sumbangan swasta.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Bangunan dengan proporsi yang mengesankan ini memiliki 5 bagian tengah memanjang, utama dan empat sisi, pelayaran tiga bagian tengah, sebuah lorong apse dengan dua bagian tengah dengan tujuh kapel apsidal, serambi, ruang bawah tanah dan sakristi. Dengan serambi apse 118 meter, lebarnya 62 meter antara dua dinding ujung transept dan tinggi kapal pesiar 35 meter, adalah gereja terbesar kedua di Spanyol setelah Katedral Sevilla. Salib Latinnya mengingatkan pada Katedral Chartres dan mencakup area seluas 5.750 meter persegi dan dapat menampung 150.000 orang.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]