Katedral Vincennes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Vincennes
Basilika Katedral Santo Fransiskus Xaverius
St. Francis Xavier Cathedral and Library
Katedral Vincennes
Lokasi205 Church St., Vincennes, Indiana
NegaraAmerika Serikat
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusGereja Paroki
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Vincennes

Katedral Vincennes yang bernama resmi Katedral Santo Fransiskus Xaverius[1][2] (juga dikenal sebagai Basilika Santo Fransiskus Xavier, atau hanya "Katedral Lama"; Prancis: Basilique Saint-François-Xavier de Vincennes) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Vincennes, Indiana, Amerika Serikat. Dinamakan berdasarkan Fransiskus Xaverius, rasul Yesuit abad ke-16, terletak di seberang Taman Sejarah Nasional George Rogers Clark di 205 Church Street, di dalam Distrik Bersejarah Vincennes.

Para misionaris Yesuit mendirikan paroki St. Francis Xavier sekitar tahun 1734, menjadikannya paroki Katolik tertua di Indiana; catatan paroki paling awal berasal dari tahun 1749. Basilika gereja bergaya Kebangkitan Yunani saat ini, dibangun di atau dekat lokasi dua gereja Katolik sebelumnya, dibangun pada tahun 1826. Pada tahun 1834, ketika Paus Gregorius XVI mendirikan Keuskupan Vincennes, St. Fransiskus Xavier diangkat menjadi katedral dan menjabat sebagai tahta Tahta Episkopal dari tahun 1834 hingga 1898. Pada tanggal 14 Maret 1970 Paus Paulus VI mengangkat Katedral St. Fransiskus Xaverius ke status basilika (basilika minor), "suatu kehormatan yang hanya diperuntukkan bagi gereja-gereja yang paling bersejarah."[3]

Antara tahun 1834 dan 1898 dua imam St. Fransiskus Xavier menjadi uskup (Benedict Joseph Flaget, Uskup Bardstown, dan Célestine de la Hailandière, Uskup Vincennes), dan beberapa orang menjabat sebagai vikaris jenderal atau rektor seminari. Antara tahun 1837 dan 1882 tujuh puluh lima imam ditahbiskan di St. Francis Xavier, termasuk Michael E. Shawe, imam pertama yang ditahbiskan di Indiana. Konsekrasi uskup John Stephen Bazin di St. Francis Xavier pada tahun 1847 adalah yang pertama dilakukan di negara bagian tersebut. Jenazah empat Uskup pertama Vincennes (Simon Bruté de Rémur, Célestine Guynemer de la Hailandière, John Stephen Bazin, dan Jacques Maurice de St. Palais) dimakamkan di ruang bawah tanah St. Francis Xavier. Basilika ini ditambahkan ke Daftar Tempat Bersejarah Nasional pada tahun 1976.[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Greene, George E. (1911-01-01). History of Old Vincennes and Knox County, Indiana (dalam bahasa Inggris). S.J. Clarke Publishing Company. St. Francis Xavier Cathedral indiana. 
  2. ^ Finch, Jackie Sheckler (2010-03-23). Insiders' Guide® to Indianapolis (dalam bahasa Inggris). Rowman & Littlefield. ISBN 9780762762293. 
  3. ^ Richard Day. "History of the Old Cathedral". Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 March 2010. Diakses tanggal 21 April 2011. 
  4. ^ "National Register Information System". National Register of Historic Places. National Park Service. 2009-03-13.