Katedral Venafro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Venafro
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Concattedrale di S. Maria Assunta
Katedral Venafro
LokasiVenafro
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Isernia-Venafro

Katedral Venafro (bahasa Italia: Duomo di Venafro; Concattedrale di Santa Maria Assunta) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Venafro di wilayah Molise, Italia. Katedral ini didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga. Sebelumnya merupakan tempat kedudukan Uskup Venafro, sekarang menjadi kon-katedral di Keuskupan Isernia-Venafro.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini bukan hanya gereja terbesar di kota ini tetapi juga salah satu yang terbesar di wilayah tersebut. Ia berdiri di kaki Parco Oraziano, sebuah taman yang mengarah ke pegunungan sekitarnya. Pada akhir abad kelima, gereja Kristen pertama di situs tersebut dibangun oleh Uskup Konstantinus di atas kuil pagan, menggunakan kembali bahan bangunan dari bangunan tua Romawi dan Palaeo-Kristen. Bangunan awal ini kemudian dijarah dan menjadi reruntuhan.

Relief Pietro dari Ravenna ("Marzo Settecappotti")

Itu dibangun kembali pada paruh kedua abad ke-11 oleh Uskup Pietro dari Ravenna, diperingati dengan relief yang dikenal secara lokal, karena penampilannya yang tidak biasa, sebagai "Marzo Settecappotti" ("Tujuh Mantel Maret "). Bangunan ini juga memiliki keberadaan yang dramatis: semua barang bergerak dijarah oleh pasukan Kaisar Frederick II, dirusak oleh gempa bumi pada 1349 dan 1456, dibakar atas perintah Louis XI dari Perancis dan dipaksa untuk menampung pasukan Charles VIII pada tahun 1495. Oleh karena itu, bangunan ini terus mengalami perbaikan, modifikasi dan rekonstruksi. Pada akhir abad ke-17, apa yang disebut Cappellone ("kapel besar") dibangun (lihat di bawah). Sejak akhir abad ke-17, dan sepanjang abad ke-18, katedral ini direnovasi dengan gaya Barok: pada akhir penambahan substansial ini, gereja ini ditahbiskan kembali pada tanggal 21 Oktober 1764 oleh Uskup Francesco Saverio Stabile.

Aspek katedral saat ini disebabkan oleh pekerjaan restorasi yang dilakukan pada tahun 1960-an dan 1970-an yang menghilangkan penambahan gaya Barok, mengembalikannya ke tampilan abad pertengahan Gotik.

Interior[sunting | sunting sumber]

Interior, menghadap ke timur sepanjang bagian tengah

Interiornya memiliki tiga lorong yang dihiasi karya bergambar dari abad ke-14. Gereja memiliki lima portal: yang di sebelah kanan portal utama adalah pintu suci (porta sancta) tahun 1508. Empat kapel samping terbuka di lorong selatan, sedangkan di lorong utara adalah kapel yang sangat besar yang dikenal sebagai "Cappellone", dibangun pada akhir abad ke-17 dan direnovasi pada abad ke-19, untuk penyelenggaraan dan reservasi sakramen.

Kapel Salib (Crucefisso) selesai dibangun pada abad ke-16. Altar tersebut dikaitkan dengan sekolah Domenico Antonio Vaccaro. Patung marmer (1795) milik ulama, (Primicerio) Antonio Rosario De bellis, diselesaikan oleh Michele Coppa.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]