Katedral Valdivia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Valdivia
Katedral Bunda Rosario
Spanyol: Catedral de Nuestra Señora del Rosario
Katedral Valdivia
LokasiValdivia
NegaraChili
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Valdivia

Katedral Bunda Rosario[1] (Templat:Lang -es) juga disebut Katedral Valdivia[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di pusat kota Valdivia, di negara Chili di Amerika Selatan.[3] Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Valdivia.

Katedral Valdivia terletak di salah satu sisi Alun-Alun Republik (Plaza de la República), di pusat kota. Bangunan katedral saat ini menampung, di lantai dua, Kuil Katedral; Di lantai pertama, sebuah kapel tempat Ekaristi dirayakan, Ruang Bawah Tanah Para Uskup, sebuah bangunan peringatan dan kantor serta tanggungan Paroki Bunda Rosario; Dan di zócalo, sebuah Museum yang melestarikan berbagai benda keagamaan.

Katedral ini didirikan di tempat kuil Katolik utama kota itu berada, menjadi Gereja utama ketigabelas yang pernah memiliki kota Valdivia. Berbagai bencana alam yang dialami kota ini berkali-kali menghancurkan kuil utamanya. Gempa bumi tahun 1960 menghancurkan katedral sebelumnya, yang dibangun pada tahun 1911; Bangunan saat ini dibangun pada tahun 1988.

Interior gereja

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Bunda Rosario
  2. ^ Nueva historia de Valdivia. ISBN 9789561406285. 
  3. ^ Valdivia, Corporación Cultural Municipal (2006-11-01). Revista Kimelchén Noviembre 2006. Revista Kimelchén.