Katedral Tuxtla Gutiérrez

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Tuxtla Gutiérrez
Katedral Santo Markus
Spanyol: Catedral de San Marcos
Katedral Tuxtla Gutiérrez
LokasiTuxtla Gutiérrez
NegaraMeksiko
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Tuxtla

Katedral Santo Markus[1] (Spanyol: Catedral de San Marcos),[2] atau juga dikenal sebagai Katedral Tuxtla Gutiérrez, adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Tuxtla Gutierrez, Chiapas, Meksiko. Katedral ini merupakan pusat kedudukan Keuskupan Agung Tuxtla.[3]

Dulunya berfungsi sebagai gereja untuk priori Dominika, dan telah direnovasi beberapa kali. Gedung selesai dibangun pada tahun 1965 ketika Paus Paulus VI mendirikan Keuskupan Tuxtla.

Perlindungan Santo Markus, santo pelindung Tuxtla, dimulai pada tahun 1560, ketika para biarawan Dominikan di biara di Tecpatán membangun gereja Katolik pertama untuk populasi ini dan mendedikasikannya untuk San Marcos Evangelista.

Lonceng[sunting | sunting sumber]

Menara ini berisi carillon yang terdiri dari 48 lonceng yang dibuat pada tahun 1981 oleh pembuat lonceng Belanda Petit & Fritsen. Berdering otomatis setiap jam untuk mengiringi prosesi mekanis 12 Rasul, di bagian depan menara di bawah menara tempat lonceng bergantung. [4]

Lima lonceng lainnya, tidak terhubung ke menara lonceng, berada di bukaan di tengah fasad.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral St. Markus di Tuxtla Gutiérrez
  2. ^ Chiapas, Guía de Viaje del Estado de Chiapas: Palenque, San Cristobal de las Casas, Bonampak, Tuxtla Gutierrez, La Venta. 
  3. ^ II. Segunda kunjungan pastoral di México. Konferensi Episcopado Mexicano. 
  4. ^ "Mxtuxgut".