Katedral Tunja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Tunja
Basilika Katedral Santo Yakobus Rasul
Spanyol: Catedral Basílica de Santiago Apóstol
Katedral Tunja
LokasiTunja
NegaraKolombia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Tunja

Basilika Katedral Santo Yakobus Rasul [1] (Spanyol: Catedral Basílica de Santiago Apóstol) juga disebut Katedral Tunja[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik tertua di Kolombia, yang didedikasikan kepada St. Yakobus yang Agung (Santiago Apóstol). Bangunan ini terletak di sisi timur Plaza de Bolivar di Tunja,[3] di pusat bersejarah kota Tunja (ibu kota departemen Boyacá) di negara Amerika Selatan Kolombia.[4]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini adalah gereja utama Keuskupan Agung Tunja, sejak pengangkatannya menjadi keuskupan oleh Bulla Paus Leo XIII yang disebut Infinitus amor dan diterbitkan pada tanggal 29 Juli 1880.

Pembangunannya disewa oleh Juan de Castellanos dan Gonzálo Suárez Rendon kepada Pedro Gutiérrez, yang mulai bekerja pada tahun 1567. Gayanya mungkin termasuk dalam gaya Isabeline, meskipun beberapa renovasi kemudian telah menambahkan bangunan neoklasik elemen; Ia memiliki menara tunggal dan interiornya terdiri dari tiga bagian tengah dengan kapel samping. Eksterior gaya Renaissance dirancang oleh Bartolomé Carrión pada tahun 1598.

Sektor Tunja yang bersejarah (termasuk katedral) dinyatakan sebagai Monumen Nasional (Monumento Nacional) Kolombia berdasarkan Undang-undang 163 tanggal 30 Desember 1959.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Basilika Katedral Rasul St. Yakobus di Tunja
  2. ^ Arellano, Fernando. El arte hispanoamericano. Universidad Catolica Andres. ISBN 9789802440177. 
  3. ^ La Catedral Metropolitana de Tunja: historia, espacios, formas. ISBN 9789589795668. 
  4. ^ Bidegaín, Ana María; Vargas, Juan Diego Demera. Globalisasi dan Keanekaragaman Agama di Kolombia. ISBN 9789587014976.