Katedral Trieste

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Trieste
Katedral-Basilika Santo Yustus Martir
bahasa Italia: Basilica Cattedrale di S. Giusto Martire
Katedral Trieste
LokasiTrieste
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Trieste

Fasad katedral, termasuk sosok Santo Yustus dalam bingkai menara lonceng paling kiri
Interior

Katedral Trieste (bahasa Italia: Basilica cattedrale di San Giusto Martire) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Trieste, di semenanjung Istrian di timur laut Italia. Ini adalah tempat kedudukan Keuskupan Trieste.

Pada tahun 1899, Paus Leo XIII memberinya status basilika minor.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bangunan keagamaan pertama di situs ini dibangun pada abad ke-6 di Romawi propylaea, menggunakan sebagian dari struktur yang ada. Mungkin pintu masuk ke sebuah monumen, ini umumnya dikenal sebagai Kuil Capitoline, sebagai altar piramida dengan simbol Capitoline Triad (Jupiter, Juno dan Minerva) telah ditemukan di dalamnya.

Di aula utama, sisa-sisa asli sebagian lantai mosaik diintegrasikan ke dalam lantai masa kini, yang berisi tanda-tanda dinding luar bangunan Kristen awal. Segera setelah dibuka untuk ibadah, gereja tersebut dihancurkan dalam invasi Lombard.

Antara abad ke-9 dan ke-11, dua basilika didirikan di atas reruntuhan gereja tua, yang pertama didedikasikan untuk Bunda Maria Diangkat ke Surga dan yang kedua, katedral, untuk Santo Justus (San Giusto). Desain asli bangunan terakhir kemudian diperpanjang. Pada abad ke-14, kedua basilika digabungkan melalui pembongkaran salah satu bagian tengah salah satu basilika dan pembangunan fasad asimetris sederhana, yang didominasi oleh Gotik [[mawar] jendela]], dengan hiasan seperti menara lonceng baru, menggunakan batu puing Romawi yang ditemukan di situs dan dekorasi di lengannya.

Makam Carlist[sunting | sunting sumber]

Kapel Santo Charles Borromeo berfungsi sebagai kapel pemakaman bagi keluarga Carlist yang mengklaim takhta Spanyol.[1] Berisi makam:

Karya seni[sunting | sunting sumber]

Di antara karya-karya bersejarah di katedral ini adalah mosaik apsidal yang menggambarkan Bunda Maria Diangkat ke Surga dan Kristus antara Santo Justus dan Servolus, yang dibuat oleh pengrajin ahli dari Veneto pada abad ke-12-13. Gereja kecil San Giovanni (Saint John) abad ke-14, baptisterium) lama di sebelah kiri dan San Michele al Carnale di sebelah kanan, di dekat pintu masuk museum, menyelesaikan denda abad pertengahan halaman gereja.

Di alun-alun depan gereja terdapat altar memperingati konsekrasi dan peletakan senjata Angkatan Darat ke-3Templat:Whose?. Ada juga kolom dengan tombak dan monumen bagi mereka yang tewas dalam Perang Dunia Pertama.

Penggalian arkeologi yang dilakukan di sini pada tahun 1930-an mengungkap sisa-sisa forum Romawi dan bangunan sipil yang dibangun di dua lantai bertiang dengan dua apses. Dua kolom lantai bawah telah direkonstruksi.

5 lonceng disetel dalam skala G mayor.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jaime Del Burgo, Carlos VII y su tiempo: Leyenda y realidad (Pamplona: Gobierno de Navarra, 1984), 101.