Katedral Treviso

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Treviso
Katedral Santo Petrus Rasul
bahasa Italia: Cattedrale di S. Pietro Apostolo
Katedral Treviso
LokasiTreviso
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Treviso

Katedral Treviso (bahasa Italia: Duomo di Treviso, Cattedrale di San Pietro Apostolo) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Treviso, Veneto, utara Italia, didedikasikan untuk Santo Petrus. Ini adalah tempat kedudukan Keuskupan Treviso.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja ini berasal dari abad ke-6 dan berdiri di daerah di mana pada periode Romawi Kuno terdapat sebuah kuil, teater, dan mungkin beberapa pemandian. Pada abad 11-12 gereja ini direnovasi dengan gaya Romanesque. Pada tahun 1768 bangunan ini dibongkar dan dibangun kembali dengan gaya Neoklasik, hanya ruang bawah tanah yang tersisa dari bangunan sebelumnya. Fasad saat ini berasal dari tahun 1836. Katedral Treviso terlibat dalam pemboman Jumat Agung pada tanggal 7 April 1944, yang mengakibatkan sebagian perpustakaannya rusak akibat kebakaran.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Pemandangan di bagian dalam termasuk Kapel Malchiostro, dirancang oleh Tullio dan Antonio Lombardo, yang diberi lukisan dinding oleh Il Pordenone dan menjadi tempat Malchiostro Annunciation oleh Titian dan dua kanvas oleh Paris Bordone. Lukisan dinding besar Immaculate Conception di apse dibuat oleh Antonio Beni.

Gereja ini memiliki menara lonceng yang belum selesai, yang pembangunannya, menurut tradisi, dihentikan oleh pemerintah Venesia untuk mencegahnya menjadi lebih tinggi dari menara lonceng Basilika Santo Markus. Ruang bawah tanah menampung makam para uskup kota.

Museum Keuskupan adalah rumah bagi lukisan dinding karya Tommaso da Modena.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 45°39′59″N 12°14′34″E / 45.66639°N 12.24278°E / 45.66639; 12.24278