Katedral Todi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Todi
Katedral-Basilika Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Basilica Concattedrale di S. Maria Annunziata
Katedral Todi
LokasiTodi
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Orvieto-Todi

Katedral Todi (bahasa Italia: Duomo di Todi; Concattedrale della Santissima Annunziata) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Todi , Umbria, Italia. Katedral ini didedikasikan untuk Pemberitahuan Perawan Maria. Dulunya merupakan tempat kedudukan Uskup Todi, dan sejak tahun 1986 menjadi kon-katedral Keuskupan Orvieto-Todi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini berdiri di lokasi bangunan Romawi di bekas forum Romawi, di Piazza del Popolo saat ini di pusat kota Todi. Sejarah awalnya tidak jelas. Gereja sebelumnya di sini, diyakini dibangun sekitar tahun 1000, hampir hancur total akibat kebakaran pada tahun 1190. Rekonstruksi memakan waktu berabad-abad, sebagian disebabkan oleh gempa bumi pada tahun 1246 dan runtuhnya atap pada tahun 1322; katedral baru selesai dibangun pada akhir abad ke-14. Ini telah diperbaharui dan diubah beberapa kali sejak itu.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Eksterior[sunting | sunting sumber]

Katedral ini berdiri di atas dua teras di puncak tangga yang luas. Fasad utama menghadap Barat Daya dan berasal dari abad ke-13 tetapi telah dimodifikasi beberapa kali, terakhir pada abad ke-16. Jendela mawar bagian tengah dimulai pada tahun 1515 dan diselesaikan di bawah kepemimpinan Uskup Biliotti antara tahun 1517 dan 1523. Kaca patri tersebut tidak asli, tetapi merupakan hasil restorasi abad ke-19.

Portal tengah dengan lengkungan runcing, memiliki pintu ganda kayu berukir tahun 1521 oleh Antonio Bencivenni yang terdiri dari empat panel atas yang menggambarkan Kabar Sukacita, Malaikat Agung Gabriel, Santo Petrus dan Santo Paulus, dan enam panel bawah ditambahkan pada tahun 1639. Rangka batu pada lengkungan tersebut dipahat dengan spiral daun yang halus dengan bunga, binatang, atau wajah di tengahnya. Kunci dari freize adalah berkat Kristus. Di sebelah timur bagian tengah utama berdiri campanile abad ke-13; alasnya, seperti apse Romawi Timur, lebih tua dari fasadnya; cerita terakhir tentang menara ini baru ditambahkan pada abad ke-19.[1]

Bagian Dalam[sunting | sunting sumber]

Interior katedral menghadap ke timur

Katedral ini dibangun berdasarkan rencana Salib Latin. nave dibagi menjadi tiga lorong, yang di tengahnya adalah yang terluas dan tertinggi, dipisahkan oleh dua lengkungan bundar yang ditopang oleh kolom Korintus. Bagian tengah utama dan lorong samping beratap balok kayu, sedangkan transept memiliki groin vaulting.

Di pintu masuk lorong selatan terdapat font, yang dibuat oleh Piero di Moricone dari Lugano pada tahun 1507.

Di bagian depan counter terdapat lukisan dinding besar yang menggambarkan Penghakiman Terakhir (1596) yang dilukis oleh Ferraù Fenzoni yang dikenal sebagai "Il Faenzone". Banyak episode dan figur, termasuk Kristus yang duduk, meskipun lebih ringkas dalam ruang ini, semuanya berasal dari lukisan dinding Michelangelo di Kapel Sistina.

kios paduan suara kayu adalah karya Antonio Bencivenga dan putranya Sebastiano antara tahun 1521 dan 1530.

Di apse terdapat sebuah salib yang dilukis pada sebuah panel, berasal dari pertengahan abad ke-13, sedangkan di sebelah utara presbiteri terdapat Kapel Cesi, yang didirikan oleh Uskup Angelo Cesi; lemari besi ini memiliki lukisan dinding tahun 1599 karya Il Faenzone, yang juga membuat lukisan di altar kapel.

Di ruang bawah tanah terdapat tiga patung yang sebelumnya berada di depan barat, dikaitkan dengan Giovanni Pisano dan "Il Rubeus".

Gallery[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Todi guida per i forestieri, oleh Giulio Pensi, Armando Comez (1912), Halaman 47.