Katedral Temuco

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Temuco
Katedral Santo Yosef
bahasa Spanyol: Catedral de San José
Katedral Temuco
LokasiTemuco
NegaraChili
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Temuco

Katedral Santo Yosef[1] (bahasa Spanyol: Catedral de San José) juga disebut sebagai Katedral Temuco[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Temuco di Chili.[3] Katedral ini adalah salah satu konstruksi gerejawi terbaru di Chili. Dari garis modern bangunan baru menggantikan Katedral lama yang runtuh akibat gempa tahun 1960. Peletakan batu pertama bangunan baru dilakukan pada tanggal 19 Maret 1981, untuk pesta Santo Yosef. Katedral ini baru selesai dibangun pada tahun 1991.

Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Temuco.

Proyek yang dipilih sesuai dengan proyek arsitek Gerardo Rendel. Beberapa kampanye penggalangan dana dilakukan, antara lain pemanggilan meter persegi, kampanye salah satu jendela, plafon dan trotoar, serta kampanye bangku gereja. Ada juga kontribusi dari Paus Yohanes Paulus II dan dari beberapa gereja Katolik asing.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral St. Joseph di Temuco
  2. ^ Hagopian, Frances. Pluralisme Agama, Demokrasi , dan Gereja Katolik di Amerika Latin. Universitas Notre Dame Press. ISBN 9780268030872. 
  3. ^ Panduan, Perjalanan Fodor. Fodor's Chile: dengan Pulau Paskah & Patagonia. Distribusi Perjalanan. ISBN 9781101878781.