Katedral Tartu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Tartu
Katedral Santo Petrus dan Paulus
Katedral Dorpat
bahasa Estonia: Tartu toomkirik
Katedral Tartu
LokasiTartu
NegaraEstonia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Administrasi
KeuskupanAdministrasi Apostolik Estonia
Klerus
UskupYang Mulia Mgr. Philippe Jean-Charles Jourdan

Katedral Tartu (bahasa Estonia: Tartu toomkirik), sebelumnya juga dikenal sebagai Katedral Dorpat (Jerman: Dorpater Domkirche), adalah sebuah bekas gereja katedral Katolik yang terletak di Tartu (Dorpat), Estonia. Bangunan itu sekarang menjadi reruntuhan megah yang menghadap ke pusat kota. Di bagian kecil yang telah direnovasi kini terdapat museum Universitas Tartu, yang juga digunakan universitas untuk resepsi-resepsi besar.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bukit tempat katedral kemudian berdiri (Toomemägi atau "bukit katedral"), di Sungai Emajõgi, adalah salah satu benteng terbesar kaum pagan Estonia, dan sifat strategisnya situs ini kemungkinan besar sudah ada sejak zaman paling awal. Kota ini dihancurkan pada tahun 1224 oleh penakluk Kristen di Livonia. Segera setelah penaklukan tersebut, umat Kristiani memulai pembangunan benteng uskup, Castrum Tarbatae, di tempat yang strategis ini. (Bagian dari tembok tua dari bangunan sebelumnya telah terungkap melalui penggalian arkeologi).

Pembangunan katedral Gotik di sisi utara bukit katedral kemungkinan dimulai pada paruh kedua abad ke-13. Dikelilingi oleh kuburan dan rumah bagi anggota cabang katedral. Katedral ini didedikasikan untuk Santo Petrus dan Paulus, yang juga merupakan santo pelindung kota. Itu adalah kedudukan Keuskupan Dorpat, dan salah satu bangunan keagamaan terbesar di Eropa Timur.

Gereja ini awalnya direncanakan sebagai basilika, tetapi penambahan quire berlorong tiga kemudian memberinya karakter gereja aula. quire (dalam bentuk awal) dan bagian tengah sudah digunakan pada tahun 1299. Sekitar tahun 1470 quire tinggi dengan pilar dan lengkungannya diselesaikan dengan gaya Brick Gothic.[1] Katedral selesai dibangun pada akhir abad ke-15 dengan bangunan dua menara besar mirip benteng, awalnya setinggi 66 meter, di kedua sisi depan barat. Sebuah tembok memisahkan halaman katedral dan kediaman uskup yang dibentengi dari kota bawah.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://ap3.ee/Default2 .aspx?PaperArticle=1&code=3358/new_eri_artiklid_335806[pranala nonaktif permanen]