Katedral Sumbe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Bunda Maria Dikandung Tanpa Noda
Sé Catedral de Nossa Senhora da Conceição
LokasiSumbe
NegaraAngola
DenominasiGereja Katolik Roma
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Sumbe
Klerus
UskupLuzizila Kiala

Katedral Bunda Maria Dikandung Tanpa Noda [1] (Portugis: Sé Catedral de Nossa Senhora da Conceição ) disebut juga Katedral Sumbe[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Sumbe di provinsi Cuanza Sul, sebelah barat negara Afrika Angola.[3] Seperti namanya, katedral ini didedikasikan untuk Perawan Maria yang dikandung tanpa noda.

Katedral Sumbe berdiri di dataran tinggi yang menghadap ke laut dan merupakan buah dari proyek tahun 1966 oleh Francisco Castro Rodrigues.[4] Struktur terdiri dari tiga elemen yang berbeda pada beton dan batu bata, gipsum dan aluminium , disatukan oleh dasar batu bata padat.

Katedral ini mengikuti ritus Romawi atau Latin dan merupakan gereja utama atau induk dari Keuskupan Sumbe (Dioecesis Sumbensis) yang dibuat pada tahun 1975 melalui bulla "Qui provide Dei" dari Paus Paulus VI dan menggunakan namanya saat ini pada tahun 2006.

Katedral ini berada di bawah tanggung jawab pastoral Uskup Luzizila Kiala.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sé Catedral de Nossa Senhora da Conceição , Sumbe, Cuanza Sul, Angola". www.gcatholic.org. Diakses tanggal 2017-07-11. 
  2. ^ "Katedral Sumbe, Francisco Castro Rodrigues | Sumbe | Angola | MIMOA". Mimoa. Diakses tanggal 2017-02-01. 
  3. ^ Stead, Mike; Rorison, Sean; Scafidi, Oscar (2013-01-01). Angola (dalam bahasa Inggris). Bradt Travel Guides. ISBN 9781841624433. 
  4. ^ "HPIP". www.hpip.org (dalam bahasa Portugis). Diakses tanggal 2017-02-01.