Perawan dari Los Remedios

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bunda Mariad dari Los Remedios, Fregenal de la Sierra, Badajoz, Spanyol
Perawan Los Remedios, Santa pelindung Keuskupan San Cristóbal de La Laguna (Tenerife, Spanyol).

Perawan dari Los Remedios (Spanyol: La Virgen de los Remedios) atau Bunda Maria dari Los Remedios (Portugis: Nossa Senhora dos Remédios, Spanyol: Nuestra Señora de los Remedios) adalah gelar dari Santa Perawan Maria yang dikembangkan oleh Ordo Tritunggal, didirikan pada akhir abad ke-12. Pengabdian tersebut menjadi terikat pada Reconquista Spanyol, yang saat itu masih pada puncaknya. Pada abad berikutnya menyebar ke bagian lain Eropa. Ketika Spanyol memulai penjelajahan dan penaklukan Amerika, itu adalah pengabdian favorit conquistador Spanyol. Gelar ini tetap menjadi devosi populer di Spanyol dan Amerika Latin.

Spanyol[sunting | sunting sumber]

Perawan Los Remedios adalah santa pelindung Keuskupan San Cristóbal de La Laguna, pulau Tenerife, dan kota Cali, Kolumbia.

Meksiko[sunting | sunting sumber]

Diyakini bahwa ikon paling terkenal di Belahan Bumi Barat dengan gelar Maria ini dibawa ke Meksiko oleh para conquistadores. Ikon ini berbentuk patung kecil, berukuran tinggi 27 cm (sekitar 10,5 inci). Ikon ini sangat terkait dengan Penaklukan Spanyol, terutama episode yang dikenal sebagai Noche Triste atau "Malam Kesedihan". Dikatakan Cortés memimpin orang-orangnya ke tempat perlindungan agama pribumi untuk melarikan diri dari suku Aztec, berhenti di sini dalam perjalanan ke Otumba. Menurut legenda, salah satu tentara Cortés, Gonzalo Rodríguez de Villafuerte, membawa ikon kecil Perawan Maria dan menyembunyikannya di bawah tanaman maguey untuk mengambil dan memberi penghormatan kepadanya nanti jika dia selamat. . Selama pertempuran selanjutnya di daerah ini, Spanyol melaporkan melihat seorang gadis muda melemparkan kotoran ke mata suku Aztec untuk membantu Spanyol. Legenda lain menyatakan bahwa gambar ini muncul di Cerro de los Pajaros, di mana sebuah kapel dibangun pada tahun 1574, yang kemudian diperluas pada tahun 1628 dengan atap berkubah dan cungkup.

Dihubungkan dengan Penaklukan, ikon Perawan ini dianggap sebagai "Spanyol" dan pelindung bagi mereka dan penduduk asli yang mengadopsi cara-cara Spanyol. Dia dianggap sebagai salah satu Perawan yang berkorelasi dengan empat arah mata angin (dalam kasusnya, barat), bersama dengan Perawan dari Guadalupe, dari la Piedad dan de la Bala .[1]

Terlepas dari kepentingannya di daerah tersebut, gambar ini disimpan di Katedral Kota Meksiko sampai tahun 1810, ketika dipindahkan ke tempat perlindungannya di Naucalpan, berpakaian seperti seorang jenderal. Itu diproklamirkan sebagai pelindung Spanyol dan “penjaga Angkatan Darat Spanyol.”[2] Tujuan dari ini adalah untuk melawan Miguel Hidalgo penggunaan Perawan dari Guadalupe sebagai simbol gerakan kemerdekaannya.[1]

Ikon ini menjadi pusat dari salah satu prosesi tahunan pertama yang diadakan di Meksiko, yang berlangsung dari Gereja Santa Veracruz ke tempat perlindungan rumahnya di Taman Nasional Los Remedios.[1] Hari perayaannya dirayakan pada tanggal 1 September, ketika tempat suci ini didekorasi dengan bunga putih yang berlimpah, termasuk hamparan kelopak bunga di esplanade San Miguel Arcangel.[2] Cagar alam ini tidak terletak di bagian barat pegunungan kota tempat Taman Nasional Los Remedios berdiri.[3] Hari pestanya dirayakan dengan tarian yang dikenal sebagai “Los Apaches,” “Los Moros,” “Chichimecas” dan “Pastorcitas,”[1] dengan perayaan 450 tahun penemuannya yang dirayakan pada tahun 1990.[2]

Brasil[sunting | sunting sumber]

  • Catedral de Nossa Senhora dos Remédios, di Caxias, Maranhão

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Virgen de los Remedios, Estado de México" [Virgin of Los Remedios, Mexico State] (dalam bahasa Spanyol). Mexico City: Majalah Mexico Desconocido. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-12-05. Diakses tanggal 2010-02-15. 
  2. ^ a b c mpios/15057a.htm "Enciclopedia de los Municipios de Mexico Estado de Mexico Naucalpan de Juárez" Periksa nilai |url= (bantuan) (dalam bahasa Spanyol). INAFED. Diakses tanggal 2010-02-15. 
  3. ^ Quiroz T., José Luis. /notas/4900-Acueducto-de-Naucalpan,-tesoro-arquitect%C3%B3nico-(Estado-de-M%C3%A9xico) "Acueducto de Naucalpan, tesoro arquitectónico (Estado de México)" Periksa nilai |archive-url= (bantuan) (dalam bahasa Spanyol). Mexico City: Mexico Desconocido majalah. Diarsipkan dari M%C3%A9xico%29 versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 2008-11-12. Diakses tanggal 2010-02-15.