Katedral Silves

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Silves
Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga
Portugis: Sé Catedral de Silves
Katedral Silves
LokasiSilves
NegaraPortugal
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusParoki
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Faro

Katedral Silves (Portugis: Sé Catedral de Silves) adalah sebuah gereja paroki Katolik yang terletak di kota Silves, di wilayah Algarve di selatan Portugal. Sebuah masjid, yang dibangun pada masa pemerintahan Moor di Semenanjung Iberia, awalnya terletak di tempatnya yang sekarang, dan kemudian sebagian besar direstrukturisasi dan diubah menjadi katedral Katolik setelah Reconquista.[1] Meskipun memiliki beberapa karakteristik Baroque, sebagian besar bersifat Gotik dan dianggap sebagai monumen Gotik utama di Algarve dan salah satu landmark terpenting di Portugal selatan. Tempat ini diklasifikasikan sebagai monumen nasional pada tanggal 29 Juni 1922.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pintu utama bergaya Gotik di Katedral Silves.

Detail mengenai pondasi dan bangunan Katedral Silves masih belum jelas. Dalam proses Reconquista, Silves Moor ditaklukkan pada tahun 1189 oleh Raja Sancho I dari Portugal, tetapi karena kota tersebut direbut kembali oleh bangsa Moor pada tahun 1191, kecil kemungkinannya bahwa katedral dibangun saat ini. Baru pada tahun 1242 Silves secara pasti ditaklukkan kembali oleh para ksatria Katolik pada masa pemerintahan Raja Afonso III, dan diyakini bahwa raja ini bertanggung jawab untuk memulai pembangunan Katedral Silves sebagai tempat kedudukan Katedral Silves yang baru didirikan. Keuskupan Algarve.

Pekerjaannya berjalan dengan susah payah, dan pada tahun 1352 katedral tersebut rusak akibat gempa bumi yang kuat. Pada tahun 1440-an, bengkel katedral mendapat dorongan besar dari Raja Afonso V. Kampanye pembangunan ini menghasilkan apse dengan tiga kapelnya, transept dan portal utama, dalam gaya Gotik, yang berasal dari tahun 1470-an. Tiga-lorong bagian tengah baru selesai dibangun pada awal abad ke-16.

Ketika Raja John II meninggal secara tak terduga di Alvor (Portimão), dekat Silves, pada tahun 1495, ia untuk sementara dimakamkan di kapel utama Katedral Silves. Pada tahun 1499, di hadapan Raja Manuel I, jenazahnya digali dan dipindahkan ke Biara Batalha, di mana Yohanes II dimakamkan kembali secara permanen; Namun, lempengan makamnya dengan tulisan Gotik masih terletak di lantai kapel utama Katedral Silves. Banyak tokoh penting Silves, mulai dari bangsawan hingga tentara salib, penjelajah, uskup dan hakim serta penduduk lokal dari berbagai lapisan masyarakat dimakamkan di katedral selama abad ke-15 dan ke-16, sebagaimana dibuktikan dengan banyaknya lempengan makam di lantainya, beberapa salah satu yang paling menonjol adalah Uskup D. Fernando Coutinho, hadir dalam negosiasi Perjanjian Tordesillas dan pembela Yahudi, Egas Moniz Teles, bangsawan di bawah raja Manuel I, yang keluarganya termasuk di antara penghuni pertama pulau Madeira, hakim João do Rego dan menantu laki-lakinya Gastão da Ilha, Pengawal hingga Infante John.[3]

Kesulitan ekonomi dan berkurangnya populasi melanda sejarah Silves pada abad ke-15 dan ke-16, yang menyebabkan uskup tinggal jauh dari Silves dalam jangka waktu yang lama. Uskup yang paling terkenal pada masa ini adalah Jerónimo Osório, salah satu humanis dan teolog Portugis yang terbesar. Pada masa pemerintahannya, pada tahun 1577, kursi keuskupan dipindahkan dari Silves ke Faro, sebuah kota yang lebih makmur yang terletak di tepi pantai. Pada abad-abad berikutnya, bagian dalam gereja diperkaya dengan meja altar Mannerist dan Baroque, beberapa di antaranya masih ada.

Gempa bumi besar tahun 1755 memberikan pukulan telak terhadap Silves dan katedralnya serta menghancurkan sebagian bagian tengahnya. Bangunan itu diperbaiki dan dimodifikasi, menggantikan bentuk Gotik sederhana di bagian atas fasad utama dengan volute bergaya Rococo. Menara Lonceng dan portal selatan juga merupakan tambahan pada abad ke-18.

Pada abad ke-20, renovasi besar-besaran pada Katedral Silves menekan banyak penambahan gaya Barok dan mengembalikan bangunan tersebut ke tampilan yang lebih "abad pertengahan".

Seni dan arsitektur[sunting | sunting sumber]

Pemandangan menghadap kapel utama

Dari luar, aspek mencolok dari Katedral Silves adalah kontras antara permukaan dinding dicat putih dan batu pasir (grés de Silves) merah dari apse, jendela dan portal utama.

Portal utama, yang dilaksanakan pada tahun 1470-an, disisipkan pada cetakan persegi panjang berundak (alfiz), fitur umum pada fasad bangunan abad pertengahan Portugis sejak era Romanesque. Fitur primitif lainnya dari portal ini adalah corbels figuratif dari cornice bagian atas cetakan, yang melambangkan wajah binatang dan manusia. Portal ini terdiri dari serangkaian empat kolom dan beberapa archivolt lengkung runcing.

Bagian luar arsip dihiasi dengan rangkaian relief motif tumbuhan dan sosok manusia, ada pula yang memainkan alat musik. Dekorasi kolom ibu kota menunjukkan pengaruh bengkel Batalha, yang aktif pada abad ke-15. Portal gereja utama Portimão, yang terletak di dekatnya, hampir merupakan replika dari yang ada di Silves dan diyakini dibuat oleh pengrajin yang sama.[4] Portal Selatan adalah tambahan Barok (abad ke-18).

Katedral Silves adalah gereja berbentuk Salib Latin dengan tiga lorong panti umat, transept dan tiga kapel di ujung timur. Sisi timur gereja dengan transept dibangun lebih awal (pertengahan abad ke-15) dibandingkan bagian tengahnya (mungkin awal abad ke-16). Kapel timur dan transept ditutupi oleh batu Gotik rib vault, sedangkan lorong tengah ditutupi oleh atap kayu sederhana. Kemungkinan besar rencana awal mengharuskan seluruh gereja ditutup dengan kubah batu seperti katedral Portugis lainnya yang dibangun pada saat itu, seperti Katedral Guarda. Lorong-lorong bagian tengah dipisahkan oleh lengkungan profil runcing yang ditopang oleh kolom-kolom berpenampang segi delapan. Lengan transept selatan diterangi oleh jendela besar mullion dengan [[hiasannya] Gotik].

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Masjid-Katedral Córdoba | katedral, Córdoba, Spanyol | Britannica". 
  2. ^ "IGESPAR IP | WARISAN". www.igespar.pt. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-03. 
  3. ^ "Catedral de Silves / Sé de Silves". Direção-Geral do Património Cultural. Pemerintah Portugis. Diakses tanggal 17 Maret 2018. 
  4. ^ Deskripsi Gereja Utama Portimão di situs web IPPAR.