Katedral Guarda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Guarda
Katedral Bunda Penghibur Kami
Portugis: Sé da Guarda
Katedral Guarda
LokasiGuarda
NegaraPortugal
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Guarda

Katedral Guarda (Portugis: Catedral da Guarda, Sé da Guarda) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di timur laut kota Guarda, Portugal. Pembangunannya berlangsung dari tahun 1390 hingga pertengahan abad ke-16, menggabungkan gaya arsitektur Gotik dan Manueline. Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Guarda.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah Katedral Guarda dimulai pada tahun 1199, ketika Raja Sancho I memperoleh izin dari Paus untuk memindahkan takhta keuskupan dari Egitania yang berdekatan (Katedral Idanha-a-Velha) ke Guarda. Bangunan katedral pertama, dengan gaya Romawi, segera digantikan oleh gereja lain yang dibangun di lokasi yang sekarang ditempati oleh Gereja Misericórdia di Guarda. Katedral kedua ini, berukuran sederhana dan dibangun pada abad ke-13, dihancurkan pada paruh kedua abad ke-14 ketika tembok kota Guarda diperkuat oleh Raja Ferdinand I selama perang dengan Kastil.

Katedral Guarda ketiga dan definitif mulai dibangun pada tahun 1390 di bawah uskup Vasco de Lamego, pada masa pemerintahan Raja John I. Pada awal abad ke-15 apse dibangun dan nave dimulai dengan gaya Gotik. Pada tahap pertama ini karya-karyanya dipengaruhi oleh Biara Batalha yang sedang dibangun pada waktu yang bersamaan. Pembangunan Katedral berjalan lambat selama paruh kedua abad ini.

Interior katedral. Kolom spiral Manueline yang khas terlihat.

Pada periode 1504 hingga 1517, di bawah kepemimpinan uskup Pedro Gavião, laju pengerjaan meningkat dan katedral hampir selesai. Arsitek fase ini adalah 'Pedro dan Felipe Henriques. Gaya Manueline - campuran Gotik Portugis dan Renaisans awal - merupakan pengaruh dominan pada tahap pembangunan kedua ini, sebagaimana dibuktikan dengan dekorasi jendela bagian tengah dan transept, dekorasi rib vault pada transept, beberapa kolom spiral di bagian tengah serta portal utama, mirip dengan portal Manueline di Kapel Saint Michael di Universitas Coimbra.

Sebagian besar aktivitas pembangunan di Katedral Guarda selesai sekitar tahun 1540. Sekitar waktu ini, Kapel Pina bergaya Renaisans dibangun sebagai tempat pemakaman João de Pina, bendahara katedral. Ia memiliki portal Renaisans dan makam dengan sosok sponsor kapel yang berbaring. Tambahan penting lainnya adalah altar kapel utama, yang dipasang pada tahun 1550-an. Karya Renaisans yang penting ini diukir di batu oleh pematung Prancis João de Ruão, salah satu pematung utama dari Coimbra.

Selama abad-abad berikutnya katedral diperkaya dengan unsur-unsur lain. Terlepas dari nilai artistik dari beberapa penambahan ini - seperti organ Baroque - semuanya telah dihapus selama renovasi yang dilakukan pada tahun 1898 oleh arsitek Rosendo Carvalheira, yang bertujuan untuk memulihkan katedral ke tampilan primitif Gotik/Manueline.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]