Katedral Sigüenza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Sigüenza
Katedral Basilika Santa Maria
Spanyol: Catedral de Santa María de Sigüenza
Katedral Sigüenza
LokasiSigüenza
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Sigüenza-Guadalajara

Katedral Sigüenza, yang secara resmi Katedral Basilika Santa Maria (Spanyol: Catedral de Santa María de Sigüenza), adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Sigüenza, di Castile-La Mancha, Spanyol. Dinyatakan Bien de Interés Cultural pada tahun 1931.

Gereja ini didedikasikan untuk Santa María la Mayor (Perawan Maria), santa pelindung kota Sigüenza. Tanggal tersebut terjadi pada bulan Januari 1124 ketika uskup Bernard dari Agen (1080-1152) merebut kembali kota tersebut dari kaum Muslim, pada masa pemerintahan Urraca dari León, putri Alfonso VI dari León dan Kastilia. Dia telah diangkat menjadi uskup pada tahun 1121 oleh uskup agung Toledo, Bernard dari Sédirac, dari Ordo Cluny. Alfonso VII dari León dan Castile (1126-1157) memberikan hak istimewa dan sumbangan untuk meningkatkan populasi, menyatukan dua kota: kota atas di sekitar kastil dan kota bawah, Mozarabic, di sekitar saluran sungai Sungai Henares.

Bagian tengah tengah bergaya Gotik dibangun pada abad ke-15.[1] Pada abad ke-16, Romawi apses lateral dihancurkan untuk membangun ambulatorium. Dua menara luar pada fasad utama memiliki merlons.[2]

Konteks sejarah[sunting | sunting sumber]

Ratu Urraca adalah orang pertama yang memberikan persepuluhan kepada keuskupan Sigüenza yang baru.

Uskup Agung Toledo Bernard dari Sédirac telah Bernard dari Agen datang ke keuskupannya di Toledo untuk menjadi uskup Sigüenza pada tahun 1121, meskipun kota itu masih di bawah kendali Almoravid.

Surat dari Ratu Urraca dari Leon tertanggal 1 Februari 1124 memberikan gereja dan uskupnya persepuluhan dari Atienza dan Medinaceli.[3] Bernard dari Agen mendirikan "Ritus Romawi" dan menekan "Ritus Mozarabik". Selama masa jabatannya sekitar tiga puluh tahun, ia menerima sumbangan dari raja Alfonso VII dari León dan Kastilia. Kota ini dibagi menjadi "Segontia inferior" dan "Segontia superior". Setelah penaklukan kembali, keduanya disatukan menjadi satu kota yang diteruskan ke Cabang Katedral.[4]

Uskup meninggal di medan perang pada tahun 1152, menggantikan dia dalam keuskupan keponakannya Peter dari Leucate.[5]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Navascués Palacio & Sarthou Carreres 1997, hlm. 107.
  2. ^ Istana Navascués & Sarthou Carreres 1997, hlm. 107.
  3. ^ "Penakluk cristiana". 
  4. ^ "Konteks Sejarah Penaklukan Sigüenza". 
  5. ^ Pilar Martínez Taboada. "Don Bernardo de Agén".  [pranala nonaktif permanen]