Katedral Sheffield

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Sheffield
Gereja Katedral Santa Maria di Sheffield
Inggris: Cathedral Church of St Marie, Sheffield
Katedral Sheffield
Koordinat: 53°22′53″N 1°28′06″W / 53.3813°N 1.4682°W / 53.3813; -1.4682
LokasiSheffield, South Yorkshire
NegaraInggris
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webwww.stmariecathedral.org
Sejarah
Tanggal konsekrasi1889
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekMatthew Ellison Hadfield
GayaGothic Revival
Dibangun1846-1850
Spesifikasi
Jumlah puncak menara1
Lonceng8 + Angelus bell (full circle)
Massa lonceng tenorTemplat:Long ton
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Hallam (since 1980)
Klerus
Uskup AgungYang Mulia Mgr. Malcolm McMahon
UskupYang Mulia Mgr. Ralph Heskett
DekanChristopher Posluszny

Katedral Sheffield atau yang bernama resmi Gereja Katedral Santa Marie (Inggris: Cathedral Church of St Marie, Sheffield) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Sheffield, Inggris. Letaknya di lokasi yang agak tersembunyi, tak jauh dari jalan perbelanjaan Fargate, namun menandakan kehadirannya dengan puncak menara yang tinggi. Ini adalah contoh yang sangat bagus dari Katedral Katolik Inggris, dengan dekorasi interior yang sangat bagus. Penataan ulang Tempat Suci setelah Konsili Vatikan Kedua, merupakan hal yang sensitif. Ada beberapa altar samping yang terkenal, serta patung bersejarah dan ubin yang dicat.

Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Hallam.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Reformasi[sunting | sunting sumber]

Sebelum Reformasi Inggris, Gereja Inggris adalah bagian dari Gereja Katolik Roma, dan gereja paroki Santo Petrus pada abad pertengahan di Sheffield adalah gereja Katolik utama di distrik tersebut. Pada tahun 1534, pada masa pemerintahan Henry VIII, Gereja Inggris memisahkan diri dari Roma, dan ibadah Katolik dilarang. Hingga abad ke-18, umat Katolik menghadapi denda, kehilangan harta benda, dan pengucilan sosial, dan para pastor Katolik diburu, dipenjarakan, dan menjadi martir. Pemilik tanah utama di Sheffield adalah Dukes of Norfolk, dan Kapel Shrewsbury di gereja paroki Anglikan yang sekarang tetap menjadi Katolik hingga tahun 1933. Selama penataan ulang St Mary's pada tahun 1970, atas undangan Katedral Anglikan, Misa kembali dirayakan di altar Kapel Shrewsbury. Altar masih mempertahankan salib dan relik konsekrasi Katoliknya, sehingga hal ini mungkin terjadi.[1] Misa dirayakan di beberapa rumah bangsawan di Sheffield, termasuk di sebuah rumah di Fargate milik Duke of Norfolk, yang memiliki kapel tersembunyi di atapnya.[2]

Pendirian Gereja St Marie[sunting | sunting sumber]

Bagian tengah Gereja Katedral Sheffield

Emansipasi Katolik pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19 memungkinkan umat Katolik untuk beribadah dengan lebih terbuka. Umat Katolik Sheffield membeli rumah tua yang berdiri di sudut Fargate dan Norfolk Row. Mereka membangun sebuah kapel kecil di taman belakangnya di lokasi yang sekarang berada di antara Kamar Mayat dan Kapel Sakramen Maha Kudus. Nama-nama pastor yang melayani Sheffield sebelum katedral dibangun dan tanggal kematian mereka tertera di dinding Kapel Kamar Mayat. Sisa lahan tempat katedral sekarang berdiri menjadi kuburan. (Jenazah dari pemakaman dipindahkan ke pemakaman Katolik baru di St Bede's di Rotherham dan pengerjaan di gereja ini dimulai.) Pada tahun 1846 kapel itu terlalu kecil dan pastor muda, Romo Pratt, sangat tertarik untuk membangun gereja untuk kota yang sedang berkembang. Seorang arsitek lokal terkemuka, Matthew Ellison Hadfield, merancang St Marie's, berdasarkan sebuah gereja abad ke-14 di Heckington di Lincolnshire.[2] Gereja itu didekorasi secara mahal dengan bantuan tersebut atas sumbangan besar dari Duke of Norfolk, ibu dan umat parokinya. Pdt. Pratt meninggal saat gereja sedang dibangun dan dimakamkan di St Bede's. Namun, seorang tukang batu, yang sering mendengarnya berkata bahwa dia ingin dimakamkan di St Marie's, menggali peti mati tersebut dan menguburkan kembali Pastor. Pratt di makam yang telah dia siapkan di dekat altar. Jenazah Pastor Pratt masih tergeletak di sana dan sebuah plakat menandai tempatnya, namun patungnya telah dipindahkan ke bawah altar di kapel Kamar Mayat.

Gereja ini selesai dibangun pada tahun 1850 dan dibuka pada 11 September. Pembangunan gereja menghabiskan biaya lebih dari £10.500 – jumlah yang sangat besar pada masa itu (sekitar £1,5 juta pada tahun 2020) – dan baru pada tahun 1889 gereja tersebut terbebas dari hutang. Paroki St Marie's, yang mencakup seluruh Sheffield, menjadi bagian dari Keuskupan Beverley pada tahun 1850, ketika keuskupan Katolik didirikan kembali untuk pertama kalinya sejak Reformasi. Pada tahun 1902, sebuah pastoran baru, yang sekarang dikenal sebagai Rumah Katedral, dibuka. Selama Perang Dunia Kedua, sebuah bom meledakkan jendela kaca patri di kapel Sakramen Mahakudus. Jendela-jendela yang tersisa telah dilepas dan disimpan dalam sebuah poros di Nunnery Colliery. Tambang tersebut kebanjiran selama perang, kacanya tenggelam dalam lumpur, dan gambar untuk membuat ulang jendela dihancurkan, namun jendela tersebut masih dapat dipasang kembali pada tahun 1947. Ketika St Marie's dipesan ulang pada tahun 1970, menyusul Vatikan II, kayu gelap dihilangkan dan penerangan serta bangku baru dipasang. Pada 1972, sebuah altar baru, yang memungkinkan Misa dirayakan versus populum, ditahbiskan oleh Uskup Gerald Moverley, Uskup auksilier Leeds. Gereja ini termasuk dalam bangunan terdaftar Kelas II* dan pertama kali terdaftar pada tahun 1973.[3]

Pada tanggal 30 Mei 1980 Keuskupan Hallam baru dibentuk dan St. Marie menjadi katedral. Uskup Moverley dilantik sebagai uskup pertama dan menjabat sampai kematiannya pada tahun 1996, setelah itu Uskup John Rawsthorne menjadi Uskup Hallam kedua.

Program renovasi besar-besaran menyebabkan katedral ditutup pada bulan September 2011, dan dibuka kembali pada bulan November 2012. Selama waktu itu tempat suci diperluas hingga ke persimpangan dan ditata ulang, cathedra baru dipasang dan paduan suara dipindahkan ke barat ujung gedung. Kapel samping dan atap telah dipugar, dalam beberapa kasus memperlihatkan fitur asli yang sebelumnya tersembunyi. Fasilitas pemanas dan toilet baru juga telah dipasang. Selama proses restorasi, koleksi ukiran Nottingham alabaster, sebagian besar berasal dari abad ke-15, ditemukan dan juga mengalami restorasi ekstensif, akhirnya dipajang di serambi Katedral pada bulan April 2017.

Setelah pembukaan kembali pada bulan November 2012, Uskup John Rawsthorne pensiun pada usia 78 tahun. Pada bulan Juli 2014, Uskup Ralph Heskett dilantik sebagai Uskup Hallam ketiga.

Interior menara tempat lonceng katedral

Katedral ini adalah salah satu dari sedikit gereja Katolik yang dilengkapi untuk perubahan dering. Ia memiliki delapan lonceng di atas ring dan satu lonceng Angelus. Cincin utama dibuat oleh Mears & Stainbank dari tahun 1874, Angelusnya adalah Charles & George Mears tahun 1850 sebelumnya.[4] Lonceng baja pertama kali dipasang pada tahun 1861, sebelum diganti dengan lonceng perunggu pada tahun 1874.[5]

Dalam beberapa tahun terakhir, katedral ini telah dikembangkan sebagai tempat yang menarik perhatian publik, dan sebagai tempat konser yang sangat bagus, yang telah menjadi tuan rumah bagi banyak ansambel paduan suara terbaik di dunia.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kapel Shrewsbury". Situs web Katedral Sheffield. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 Oktober 2006. Diakses tanggal 25 Februari 2006. 
  2. ^ a b Harman, R.; Minnis, J. (2004). Panduan Kota Pevsner: Sheffield. hlm. 57–60. ISBN 0-300-10585-1. 
  3. ^ Historic England. "Gereja Katedral St Marie (1271205)". Daftar Warisan Nasional Inggris. Diakses tanggal 25 Februari 2006. 
  4. ^ "Panduan Merpati untuk Pendering Lonceng Gereja". Diakses tanggal 11 Mei 2020. 
  5. ^ "Lonceng – Katedral Katolik". Diakses tanggal 14 September 2019.