Katedral Sermoneta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Sermoneta
Gereja Kolegiat Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Collegiata di Santa Maria Assunta
LokasiSermoneta
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Latina-Terracina-Sezze-Priverno

Katedral Sermoneta yang bernama resmi Gereja Kolegiat Santa Maria Diangkat ke Surga (bahasa Italia: Collegiata di Santa Maria Assunta, Sermoneta) adalah sebuah gereja kolegiat Katolik yang terletak di Sermoneta, bagian selatan Lazio, Italia. Gereja sering disebut sebagai katedral ("cattedrale") tetapi tidak pernah menjadi tempat kedudukan uskup. Gereja ini didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja ini didokumentasikan pertama kali pada abad ke-12 (1149–60). Sebuah gereja palaeo-Kristen mungkin pertama kali dibangun pada abad ke-5 di atas kuil yang didedikasikan untuk dewi pagan Cybele. Gereja Romawi direnovasi pada abad berikutnya dengan gaya Gotik.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Gereja ini memiliki menara lonceng persegi tinggi dengan lengkungan membulat. Serambi Gotik mengarah ke bagian tengah yang ditopang oleh tiang marmer. Lunet serambi diberi lukisan dinding pada abad ke-15 dengan gambar Madonna dan Anak bersama Santo Petrus dan Epaphroditus dan Kristus dan empat malaikat oleh Pietro Colaberti dari Piperno. Kapel interior juga memiliki lukisan dinding.

Kapel pertama di sebelah kanan direnovasi pada tahun 1590-an oleh keluarga De Marchis. Lukisan dinding menggambarkan tokoh kontemporer seperti Carolus Borromeus dan para donatur. Altar utama, Madonna degli Angeli (c. 1452), dikaitkan dengan Benozzo Gozzoli. Sumber lain mengaitkan pekerjaan ini dengan masa setelah epidemi wabah atau gempa bumi tahun 1456–57. Gereja juga mempunyai lukisan dinding yang dikaitkan dengan Bernardino Cesari yang menggambarkan Kehidupan Perawan.[1] Karya seni di gereja adalah altar yang menggambarkan Keluarga Suci bersama St Anne dan John dari seniman Neapolitan abad ke-16. Gereja ini juga memiliki lukisan dinding Penghakiman Terakhir abad ke-15.

Di Museum Seni Keuskupan yang berdekatan terdapat altarpieces termasuk:[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Khotbah Pro Loco Diarsipkan 2015-11-17 di Wayback Machine. situs web, entri di katedral.
  2. ^ Comune of Sermoneta, entri singkat.