Katedral Sarsina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Sarsina
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga dan Santo Visinus
bahasa Italia: Concattedrale di SS. Annunziata, S.Vicinio
Katedral Sarsina
LokasiSarsina
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Cesena-Sarsina

Katedral Sarsina (bahasa Italia: Duomo di Sarsina; Basilica Concattedrale di Santa Maria Annunziata) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Sarsina, sebuah kotamadya di provinsi Forlì-Cesena, wilayah Emilia-Romagna, Italia. Gereja ini didedikasikan untuk Kabar Sukacita Perawan Maria. Dulunya merupakan kursi Uskup Sarsina, sejak tahun 1986 menjadi kon-katedral Keuskupan Cesena-Sarsina.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja ini kemungkinan besar dibangun pada abad ke-10, ketika struktur Romawi dari batu bata dimulai. Lunette di atas portal pintu masuk memiliki mosaik modern yang menggambarkan Santo Vicinius mengenakan mitra uskup dan memegang rantai. Fasadnya masih belum selesai. Bagian tengah interior umumnya sederhana.

Kapel yang ditambahkan ke lorong samping, termasuk kapel (1693) yang didedikasikan untuk Perawan Rosario dengan altar abad ke-17 dengan 14 lukisan kecil yang menggambarkan Misteri Rosario. Di bagian tengah kiri juga terdapat kapel Sakramen (1555), dengan altar bergaya Renaisans.

Presbiteri memiliki pintu masuk ke ruang bawah tanah. Altar utama memiliki relief abad ke-10 yang menggambarkan Kristus bertahta bersama St Gabriel dan St Michael. Di antara lukisan-lukisan di sini adalah Visitasi oleh Michele Valbonesi; dan Annuciation (abad ke-18) oleh Mattia de Mare; dan terakhir Madonna dan Anak dengan Santa Lucia dan Jiwa Api Penyucian abad ke-18 oleh tangan tak dikenal. Di dekat apse terdapat kanvas yang menggambarkan Misa San Gregorio Magno yang dikaitkan dengan Carlo Cignani.

Pembukaan ke bagian tengah di sebelah kanan adalah kapel San Vicinio dengan dekorasi plesteran rumit yang dilindungi oleh uskup Paolo Calbetti pada tahun 1755. Altar menyimpan relik santo, sedangkan rantainya berada di tabernakel. Altarnya adalah Madonna dan Anak dengan San Vicinio Dimahkotai oleh Ippolito Scarsella, juga disebut il Scarsellino.[a] Michele Valbonesi melukis empat kanvas nazar yang menggambarkan Keajaiban San Vicinio di sepanjang dinding.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sebelumnya secara keliru dikaitkan dengan Michele Valbonesi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Basilica di San Vicinio, situs resmi, entri di Basilica.