Katedral San Salvador

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral San Salvador
Gereja Basilika Katedral Metropolitan Juruselamat Kudus
Spanyol: Catedral Metropolitana de San Salvador
Katedral San Salvador
LokasiAv. Monseñor Oscar Arnulfo Romero y 2 Av. Sur #213, San Salvador
NegaraEl Salvador
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webSitus Resmi Katedral San Salvador
Sejarah
DedikasiTransfigurasi Kristus
Arsitektur
StatusKatedral, Basilika minor
Status fungsionalAktif
ArsitekDominikus Böhm
Tipe arsitekturgereja
Peletakan batu pertama17 September 1880 (kedua)
12 Oktober 1956 (ketiga)
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung San Salvador

Katedral San Salvador atau yang bernama resmi Katedral Metropolitan Juru Selamat Kudus (Spanyol: Catedral Metropolitana de San Salvador) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota San Salvador, ibu kota negara El Salvador. Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Agung San Salvador.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Situs Katedral saat ini merupakan tempat di mana Gereja Santo Domingo lama (didedikasikan untuk St. Dominikus) pernah berdiri. Korban yang lebih besar lagi terjadi pada Minggu Palma, 30 Maret 1980, saat pemakaman Santo Óscar Romero (yang dibunuh Senin, 24 Maret 1980, saat merayakan Misa di sebuah kapel kecil yang berlokasi di sebuah rumah sakit bernama "La Divina Providencia"), ketika 44 orang tewas dalam penyerbuan setelah beberapa elemen, yang diduga anggota pasukan keamanan (walaupun tidak pernah dikuatkan) menembaki pelayat/jamaah dan iring-iringan pemakaman Romero, orang-orang bersenjata yang sebenarnya adalah tidak pernah teridentifikasi. Belakangan, alun-alun di depan katedral menjadi tempat perayaan meriah setelah penandatanganan Perjanjian Damai Chapultepec yang mengakhiri Perang Saudara Salvador pada tahun 1992. Katedral selesai dibangun dan diresmikan pada 19 Maret, 1999, dan diakhiri dengan fasad ubin yang meriah oleh master Salvador Fernando Llort.[1]

Gereja ini dikunjungi dua kali oleh Paus Yohanes Paulus II yang mengatakan bahwa Katedral San Salvador "bersatu erat dengan kegembiraan dan harapan rakyat Salvador."[2] Selama kunjungannya pada tahun 1983 dan 1996, Paus berlutut dan berdoa di depan makam Uskup Agung Óscar Romero, yang dibunuh pada tahun 1980 , yang makamnya di sini menjadi daya tarik utama peziarah. Presiden Barack Obama mengunjungi katedral dan makam tersebut selama perjalanannya pada bulan Maret 2011 ke Amerika Latin.

Fasad mural keramik karya Fernando Llort yang hancur

Pada akhir Desember 2012, Uskup Agung San Salvador, José Luis Escobar Alas, memerintahkan penghapusan fasad mural keramik ubin katedral tanpa berkonsultasi dengan pemerintah pusat atau seniman, master Salvador Fernando Llort. Para pekerja memotong dan menghancurkan 2.700 ubin mural tersebut.[3]

Arsitektur dan gaya[sunting | sunting sumber]

Fasad yang meriah dan berwarna-warni mengelilingi kuil yang menggambarkan Juruselamat Dunia (Yesus, setelah Transfigurasi, pelindung El Salvador) dipahat oleh Friar Francisco Silvestre García pada tahun 1777.[1] Altar utama menampilkan gambar Juruselamat Ilahi yang disumbangkan oleh Kaisar Romawi Suci Charles V pada tahun 1546. Gambar tersebut terletak pada empat kolom baldacchino yang dikelilingi oleh gambar para nabi Musa dan Elia, yang mengambil bagian dalam kisah Transfigurasi. Altar utama dikelilingi oleh delapan lukisan besar yang memperlihatkan pemandangan dari kehidupan Kristus yang dilukis oleh Andrés García Ibáñez.[1] Yang terpenting, Churrigueresque' yang cerah ' kubah berdiri setinggi 148 kaki, dengan radius 79 kaki.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Catedral Metropolitona". Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 Oktober 2006. Diakses tanggal 4 Desember 2006. 
  2. ^ "Sambutan Bapa Suci Yohanes Paulus II kepada para Katekis di Katedral San Salvador". Vatikan. Diakses tanggal 23 Maret 2022. 
  3. ^ Heidenry, Rachel (6 Januari 2012). "Archbishop Memerintahkan Penghancuran Mural Salvador". Pulitzer Center on Crisis Reporting. Diakses tanggal 23 Maret 2022. 

Koordinat: 13°41′54″N 89°11′27″W / 13.6983°N 89.1908°W / 13.6983; -89.1908