Katedral Rimini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Rimini
Katedral Santo Fransiskus dari Assisi
Tempio Malatestiano
bahasa Italia: Duomo di Rimini
Katedral Rimini
LokasiRimini
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Rimini

Katedral Rimini atau populer sekali dengan nama Tempio Malatestiano (bahasa Italia: Tempat Ibadah Malatesta) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang belum selesai dibangun, terletak di Rimini, Italia. Nama resminya diambil dari St. Fransiskus, mengambil nama populer dari Sigismondo Pandolfo Malatesta, yang menugaskan rekonstruksinya oleh ahli teori dan arsitek Renaisans terkenal Leon Battista Alberti sekitar tahun 1450.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

San Francesco awalnya adalah gereja Gotik abad ketiga belas milik Fransiskan. Gereja aslinya memiliki denah persegi panjang tanpa kapel samping , dengan satu bagian tengah yang diakhiri dengan tiga apses. Yang di tengah mungkin diberi lukisan dinding oleh Giotto, yang juga dikaitkan dengan salib yang sekarang ditempatkan di kapel kanan kedua.

Malatesta meminta Alberti, sebagai karya arsitektur gerejawi pertamanya, untuk mengubah bangunan tersebut dan menjadikannya semacam mausoleum pribadi untuk dia dan kekasihnya dan kemudian istrinya, Isotta degli Atti. Eksekusi proyek tersebut diserahkan kepada seorang Veronese Matteo di Andrea de' Pasti, yang dipekerjakan di pengadilan Estense. Dari proyek Alberti, kubah yang muncul dalam medali dasar Matteo tahun 1450—mirip dengan Pantheon Roma dan dimaksudkan untuk menjadi salah satu yang terbesar di Italia—tidak pernah dibangun. Bagian atas fasadnya, yang seharusnya memiliki ujung atap pelana, tidak pernah selesai dibangun, meskipun ketinggiannya sudah meningkat hingga musim dingin tahun 1454, karena nasib Malatesta menurun drastis setelah ekskomunikasinya pada tahun 1460 dan strukturnya tetap seperti yang kita lihat, dengan ujung timurnya yang belum dikerjakan, setelah kematiannya pada tahun 1466. Dua arcade buta di sisi lengkungan pintu masuk akan menampung sarkofagus Sigismondo Pandolfo dan Isotta, yang sekarang berada di bagian dalam.

Pekerjaan renovasi bagian tengah gereja dimulai sekitar lima tahun sebelum pekerjaan renovasi bagian luar yang membungkus gereja. Marmer untuk pekerjaan tersebut diambil dari reruntuhan Romawi di Sant'Apollinare in Classe (dekat Ravenna) dan di Fano.{{Kutipan diperlukan|tanggal=Januari 2024} } Untuk melengkapi penutup candi, marmer juga diambil dari batu nisan di sekitar pekuburan.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Corrado Ricci, Il Tempio Malatestiano (Milan) 1924, tetap menjadi monograf standar, ditambah dengan Cesare Brandi, Il Tempio Malatestiano (Turin) 1956. Sigismondo dimulai dengan sederhana, dengan dua kapel ditambahkan ke interior, 1447-49.
  2. ^ Delucca, Oreste (24 Oktober 2012). "I 200 anni del nostro camposanto". Rimini Sparita. Diakses tanggal 14 Januari 2024.