Katedral Reggio Emilia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Reggio Emilia
Katedral Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Cattedrale di Beata Vergine Assunta
Katedral Reggio Emilia
LokasiReggio Emilia
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Reggio Emilia-Guastalla

Kubah

Katedral Reggio Emilia (bahasa Italia: Duomo di Reggio Emilia; Cattedrale di Santa Maria Assunta) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Reggio Emilia, Emilia-Romagna, utara Italia. Dedikasinya adalah pada Maria Diangkat ke Surga. Dahulu merupakan tahta episkopal Keuskupan Reggio Emilia, sejak tahun 1986 menjadi Keuskupan Reggio Emilia-Guastalla.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Awalnya dibangun dengan gaya Romawi, katedral ini sebagian besar dimodifikasi pada abad-abad berikutnya. Fasad awalnya memiliki lukisan dinding abad ke-13, sekarang disimpan di museum keuskupan.

Fasad saat ini belum selesai, dengan penutup abad ke-16 di tingkat bawah, dengan pilaster mengelilingi relung berisi patung empat santo pelindung kota. Portal utama memiliki dua patung karya Prospero Spani (Prospero Sogari) dengan gaya yang dipengaruhi oleh Michelangelo, menggambarkan Adam dan Hawa.

Pada bulan Februari 2009 diumumkan bahwa lantai mosaik Romawi yang dipenuhi pemandangan yang menggambarkan ritual pagan dan dewa-dewa oriental telah ditemukan di bawah katedral. Trotoar mosaik, berukuran 13 meter persegi dan berasal dari abad ke-4 M, digali pada kedalaman sekitar 4 meter di bawah tanah selama penyelidikan arkeologi di ruang bawah tanah. Ukuran dan desain trotoar mosaik menunjukkan bahwa trotoar tersebut membentuk lantai sebuah ruangan besar.[1] Trotoar mosaik telah menjadi bagian penting dari Museo Diocesano (Museum Keuskupan), yang juga memperlihatkan fragmen gereja-gereja kuno, yang berasal dari zaman Matilde di Canossa, dan bas-relief abad pertengahan (Kristus bertahta di tengah para malaikat), aslinya terletak di altar utama katedral.

Kapel[sunting | sunting sumber]

Ada juga karya Carlo Bononi, Francesco Vellani, Sebastiano Vercellesi, dan Orazio Talami, sementara Annibale Carracci's Sang Perawan Menampakkan Diri kepada Santo Lukas dan Santo Katarina awalnya digantung di kapel notaris katedral. Lukisan dinding kubah dibuat oleh Francesco Fontanesi (1779).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]