Katedral Puerto Montt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Puerto Montt
Katedral Bunda Maria dari Gunung Karmel
bahasa Spanyol: Catedral de la Virgen del Carmen
Katedral Puerto Montt
LokasiPuerto Montt
NegaraChili
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Puerto Montt

Katedral Bunda Maria dari Gunung Karmel[1] ( bahasa Spanyol: Catedral de la Virgen del Carmen) disebut juga Katedral Puerto Montt[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Plaza de Armas Puerto Montt, Chili. Katedral ini didedikasikan kepada Perawan Maria di bawah doa Bunda Maria dari Carmen (Gunung Karmel). Katedral ini merupakan kedudukan uskup agung Keuskupan Agung Puerto Montt.[3]

Ketika kota Puerto Montt diambil alih oleh Vicente Pérez Rosales, ia berhasil menyisihkan sebidang tanah di depan alun-alun untuk membangun sebuah gereja, yang diberkati sebagai paroki pada tahun 1892. Dengan berdirinya Keuskupan Puerto Montt pada tahun 1939 Oleh Paus Pius XII diangkat menjadi katedral. Itu diperbaiki pada tahun 1941 dan kemudian pada tahun 1960-an karena kerusakan akibat gempa tahun 1960. Pada tahun 1975 interiornya dipugar, dan intervensi terakhirnya dilakukan pada tahun 2002.

Bagian depannya menampilkan empat kolom Doric yang menyerupai Parthenon. Struktur utamanya terdiri dari kayu asli yang membentuk sistem balok planar yang bertumpu pada 12 kolom kayu larch.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Bunda Maria dari Gunung Karmel di Puerto Montt
  2. ^ Cagnoli, Direktur Alejandro Luis. Revista Recorriendo la Patagonia Número 49. Recorriendo la Patagonia. 
  3. ^ Courtois, Juan Benavides; K, Marcela Pizzi. Ciudades y arquitectura portuaria: los puertos mayores del litoral chileno. ISBN 9789561110113.