Katedral Puebla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Puebla
Katedral Perawan Maria Tak Bernoda
Spanyol: Basílica Catedral Metropolitana de Nuestra Señora de la Purísima Concepción
Katedral Puebla
LokasiPuebla
NegaraMeksiko
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Puebla de los Ángeles

Katedral Puebla atau yang bernama resmi Katedral Perawan Maria Tak Bernoda (Spanyol: Basílica Catedral Metropolitana de Nuestra Señora de la Purísima Concepción) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Puebla de los Ángeles, Meksiko. Katedral ini merupakan salah satu bangunan terpenting di pusat bersejarah Puebla dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Katedral ini memiliki hak prerogatif untuk menjadi katedral mewah pertama yang dibuat dengan desain bagus di Amerika, ditahbiskan pada tahun 1649, sebelum Metropolitan Meksiko yang diresmikan pada tahun 1653. Katedral ini didirikan oleh Felipe II dari Spanyol.[1]

Katedral Gaya Herrerian saat ini dibangun antara abad ke-16 dan ke-17, dan menggantikan katedral sebelumnya yang ada di tempat yang sekarang disebut atrium. Tujuh puluh empat tahun berlalu sejak awal pembangunannya pada tahun 1575 hingga penahbisannya, pada masa pemerintahan tiga raja Spanyol berturut-turut, Philip II, Philip III dan Philip IV. Kemunduran yang terjadi selama tahun-tahun tersebut menyebabkan banyak modifikasi pada tata letak aslinya. Pada tahun 1624, pekerjaan tersebut dihentikan sepenuhnya sampai kedatangan Uskup Juan de Palafox y Mendoza pada bulan Juli 1640, yang melanjutkan pekerjaan dengan penuh semangat. Reformasi baru memberikan ketinggian yang lebih tinggi pada bagian tengah tengah di atas bagian prosesi, memungkinkan lewatnya cahaya alami dan memberikan tampilan struktur piramidal. Gereja ini ditahbiskan oleh Uskup Juan de Palafox y Mendoza pada tanggal 18 April 1649, tanpa selesai seluruhnya.

Ruang yang ditempatinya berbentuk persegi panjang, diisi ulang di sudut lantai lain yang lebih besar, membentuk ruang besar untuk atrium. Bangunan ini disusun menjadi lima bagian tengah: satu bagian tengah, dua bagian samping, dan dua kapel khusus, fasad bergaya Renaisansnya menonjol. Di belakangnya terdapat gedung kantor Mitra, bekas kantor pusatnya, dan gedung kapel bernama Ochavo. Dengan tingginya lebih dari 70 meter, itu adalah gereja tertinggi di koloni Spanyol.

Katedral ini dianggap sebagai salah satu museum terpenting Spanyol Baru dan kemudian museum seni karena harta karun yang ditampungnya. Selama berabad-abad telah diperkaya dengan karya seni lukis,[2] patung, kerajinan emas, dan pertukangan dengan kualitas artistik yang tinggi, serta dekorasinya, pintu papan besar, aluminium dan harta sakristi yang melindungi ornamen imam yang kaya yang disulam dengan benang emas dan perak, bejana suci, piala, ciboria, relikui dan salib bermandikan emas bertatahkan permata dan berlian. Arsip sejarahnya memiliki dokumen-dokumen yang berasal dari berdirinya kota ini dan banyak yang menunggu untuk diklasifikasikan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Crowe, Gretchen R. (2006-12-14). "Kota Puebla Bersinar sebagai 'Permata' Meksiko". Catholic Herald. Diakses tanggal 2010-12-02. 
  2. ^ VI Encuentro Internacional de investigadores de la Red Latinoamericana de Cooperación Universitaria - Puebla Patrimonial: Los Tesoros Pictóricos de La Catedral (PDF). Puebla: University of the Americas. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2011-08-16.