Katedral Palestrina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Palestrina
Katedral Santo Agapitus Martir
bahasa Italia: Basilica Cattedrale di S. Agapito Martire
Katedral Palestrina
LokasiPalestrina
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Suburbikaris Palestrina

Katedral Palestina (bahasa Italia: Duomo di Palestrina; Cattedrale di Sant'Agapito martire) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Palestrina, di wilayah Lazio, Italia. Ini adalah takhta episkopal Keuskupan Suburbikaris Palestrina, dan didedikasikan untuk Santo Agapitus.

Sejarah dan deskripsi[sunting | sunting sumber]

Tradisi menyatakan bahwa gereja ini didirikan di atas situs kuil yang didedikasikan untuk Kaisar Jove, yang terletak di forum Romawi Kuno Praeneste. Dokumen menyebutkan pemindahan relik Santo Agapitus pada tahun 898, sejak dipindahkan ke bagian dalam Basilica cimiteriale extramoenia delle Quadrelle. Gereja Kristen paleo yang asli diperbesar oleh uskup Conone dengan penambahan dua lorong samping dan pembangunan ruang bawah tanah di presbiteri. Basilika ini ditahbiskan pada tanggal 16 Desember 1117 oleh Paus Paskalis II. Selama konflik sipil tahun 1437 antara keluarga Colonna dan kepausan, sebagian fasad termasuk menara lonceng diratakan, dan peninggalan Sain Agapitus dibawa ke tempat yang sekarang Tarquinia. Satu abad kemudian, mereka dikembalikan atas permintaan Kardinal Marcantonio Colonna dan Paus Sistus V. Mereka ditempatkan di patung perak berhiaskan berlian, dan ditampilkan dalam prosesi publik untuk menghormati santo yang diadakan setiap tanggal 18 Agustus.

Fasadnya, awalnya bergaya Romanesque, memiliki portal yang dibangun pada tahun 1505. Ini menampilkan lambang heraldik Kardinal Girolamo Bassi della Rovere, yang menggambarkan Agapitus dan telapak tangan kemartirannya di sebelah mantel tersebut. senjata keluarga Colonna. Bagian tengah interiornya dihiasi dengan medali yang menggambarkan Uskup Praeneste, sedangkan jendelanya menggambarkan orang-orang suci dan martir yang terkait dengan kota tersebut. Di antara altar ada yang menggambarkan Pemenggalan Sant'Agapito oleh Carlo Saraceni (kapel terakhir di sebelah kanan), Penyaliban dengan Perawan dan St Lawrence dan Juruselamat oleh Girolamo Siciolante da Sermoneta. Lukisan dinding di sekitar altar utama menggambarkan kehidupan Santo Agapitus oleh Domenico Bruschi. Di bagian tengah kiri terdapat replika plesteran Pietà di Palestrina karya Michelangelo.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]